Pengembangan Konten Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Produk Pastry dan Bakery Kelas XI di SMK Pariwisata Mengwitani

Authors

  • Ni Putu Pande Pebi Swaratri Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Bendesa Subawa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Partha Sindu Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v11i3.52699

Abstract

Proses pembelajaran di SMK Pariwisata Mengwitani khususnya pada mata pelajaran produk pastry dan bakery mengalami beberapa kendala yaitu dari segi pemahaman dan daya tarik peserta didik dalam belajar, sumber atau media pembelajaran yang kurang bervariasi dan metode pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan hasil implementasi dan mendeskripsikan respon guru dan peserta didik terhadap pengembangan konten pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Produk Pastry dan Bakery kelas XI di SMK Pariwisata Mengwitani. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas XI dengan jumlah 30 peserta didik di SMK Pariwisata Mengwitani. Berdasarkan tahapan yang telah dilalui, diperoleh sebuah produk konten pembelajaran interaktif dengan teknologi Adobe Captivate yang didistribusikan melalui e-learning melajah.id dengan perolehan skor 1,00 pada uji ahli isi dan uji ahli media dan desain yang berada pada kriteria Sangat Valid. Hasil uji efektivitas dengan perhtiungan N-gain memperoleh nilai 0,78 dengan kriteria Efektif. Hasil perhitungan respon guru dan peserta didik menunjukan skor rata-rata 45 dan 69,73 yang berada dalam kategori Sangat Positif dan Sangat Praktis.

References

Batubara, H. H. (2020). Media Pembelajaran Efektif. Semarang: Fatawa Publishing.

Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LPPPM). (2020). Pedoman Penetapan Strategi Metode dan Media Pembelajaran. (p. 12). Singaraja: Undiksha.

Surjono, H. D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif. Yogyakarta: UNY Press.

Roestiyah. (2012). Strategi belajar mengajar: Salah Satu unsur pelaksanaan strategi belajar mengajar teknik penyajian. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 171-187.

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Harapan, T. K., Tahrin, T., Anwari, A. M., . . . Indra, I. M. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.

Wibawanto, W. (2021). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Cerdas Ulet Kreatif.

Bahir, F. A., Hasan, M., Tahir, T., & Rahmatullah. (2020). Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Indonesian Journal of Social and Educational Studies, 10-21.

Muhardi. (2018). Model Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Keislaman, 133-148.

Lubis, M. S. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran Matematika. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Abdurakhman, O., & Rusli, R. K. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Nurlina, Nurfadilah, & Bahri, A. (2021). Teori belajar dan pembelajaran. Makasar: CV. Berkah Utami.

Gisslen, W. (2015). Professional Baking 8th Edition. Canada: John Wiley & Sons, Inc.

Setemen, K. (2018). Pengembangan dan Pengujian Validitas Butir Instrumen Kecerdasan Logis-Matematis. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 178-187.

Yosefa, V. M., Lumbantobing, S. S., Faradiba, & Malau, N. D. (2021). The Influence of the Learning Discovery Learning Model Multi-interactive Media Assistance Against Improved Learner’s Critical Thinking Skills. Department of physics Education, 365-368.

Putri, R. M., Risdianto, E., & Rohadi, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Menggunakan Adobe Captivate Pada Materi Gerak Harmonik Sederhana. Jurnal Kumparan Fisika, 113-120.

Downloads

Published

2022-12-01

Issue

Section

Articles