Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Kuliner Kelas X Di SMK Negeri 2 Singaraja

Authors

  • Dedy Yusuf Santosa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dessy Seri Wahyuni Universitas Pendidikan Ganesha
  • P Wayan Arta Suyasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v11i3.54194

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan dan megetahui respon guru dan peserta didik terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis discovery learning pada mata pelajaran dasar-dasar kuliner kelas X di SMK Negeri 2 Singaraja. Jenis penelitian ini yang digunakan yaitu  Research & Development (R&D), dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di kelas X di SMK Negeri 2 Singaraja kepada 35 peserta didik dan seorang guru yang mengempu mata pelajaran dasar-dasar kuliner. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan lembar validasi ahli, angket uji coba perorangan, uji kelompok kecil, uji coba lapangan, uji coba respon peserta didik dan guru. Hasil dari perhitungan uji ahli isi, desain dan media pembelajaran masing-masing memperoleh skor sebesar 1,00 yaitu masuk tingkat validitas sangat tinggi. Uji evektivitas dengan memberikan pretest dan posttest memperoleh hasil perhitungan N-Gain sebesar 0,59 yaitu masuk interpertasi tinggi, sedangkan untuk hasil perhitungan uji respon peserta didik dan guru memperoleh sebesar 84,42 dan 44 yaitu masuk kriteria sangat praktis . Maka dari itu penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis discovery learning pada mata pelajaran dasar-dasar kuliner menunjukan kriteria kualitas produk yaitu valid, sangat praktis dan efektif.

References

H. Alwi, Teknologi Pendidikan Di Abad Digital. Anggota IKAPI, 2021.

L. Daniela, A. Visvizi, C. Gutiérrez-Braojos, and M. D. Lytras, “Sustainable higher education and Technology-Enhanced Learning (TEL),” Sustainability, vol. 10, no. 11, pp. 1–22, 2018, doi: 10.3390/su10113883.

N. Lestari, Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Klaten: Anggota IKAPI, 2020.

R. Y. Arindiono and N. Ramadhani, “Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika untuk Siswa Kelas 5 SD,” J. Sains dan Seni Pomits, vol. 2, no. 1, pp. 28–32, 2013, [Online]. Available: ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/2856%0D.

N. Simbolon, I. K. Suartama, P. Studi, T. Pendidikan, and U. P. Ganesha, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Prakarya Untuk Siswa Smp Kelas Viii,” Inotek, vol. 9, no. 1, 2005.

P. Yulianti, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Captivate Pada Materi Relativitas Khusus Di Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung,” p. 20, 2019.

P. P. Adinda Ramadhani and S. Bambang, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Kelas Xi Tav Di Smk Negeri 3 Surabaya,” J. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 9, no. 1, pp. 9–15, 2020.

D. Trio, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Captivate Decky Trio Setyawan Euis Ismayati Abstrak,” pp. 53–59, 2019.

S. Bakhri, “Animasi Interaktif Pembelajaran Huruf dan Angka Menggunakan Model ADDIE,” INTENSIF J. Ilm. Penelit. dan Penerapan Teknol. Sist. Inf., vol. 3, no. 2, p. 130, 2019, doi: 10.29407/intensif.v3i2.12666.

N. Hasbiana, Dasar Dasar Kuliner. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Jalan Gunung Sahari Raya No. 4 Jakarta Pusat, 2008.

C. Asri Budiningsih, Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2015.

G. Siemens, Knowing knowledge. 2006.

Zainuddin, A. R. Hasanah, M. A. Salam, Misbah, and S. Mahtari, “Developing the interactive multimedia in physics learning,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1171, no. 1, 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1171/1/012019.

Dr.Sudaryono, Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: KENCANA, 2016.

P. D. Prof. Herman Dwi Surjono, Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan Edisi Pertama. Yogyakarta, 2017.

U. Roberta, Belajar Dan Pembelajaran, Moh. Suard. Bandung: Media Sains Indonesia, 2021.

K. Ira, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Pemograman Dasar Menggunakan Adobe Captivate Di Smk Negeri 2 Surabaya,” Pap. Knowl. . Towar. a Media Hist. Doc., vol. 5, no. 2, pp. 40–51, 2019.

Downloads

Published

2022-12-01

Issue

Section

Articles