PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MATERI DESCRIPTIVE TEXT DI SMP NEGERI 4 SINGARAJA

Authors

  • Dewi Agustini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ketut Agustini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Nyoman Pascima Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media dan mengimplementasi media pembelajaran interaktif yang telah dikembangkan dengan menggunakan software adobe animate serta mengetahui respons guru dan peserta didik terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian dan pengembangan (R&D) yang menggunakan model MDLC (Multimedia Development life cycle). Penelitian ini dilakukan di kelas VII di SMP Negeri 4 Singaraja dengan 32 peserta didik. Berdasarkan tahapan yang telah dilalui menghasilkan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran bahasa inggris materi descriptive text berbasis discovery learning dengan menggunakan adobe animate,  dengan memperoleh koefisien uji ahli media dan ahli isi sebesar 1.00 dengan kriteria “Sangat Valid”, kemudian pada uji coba perorangan memperoleh persentase sebesar 81,32% dengan kualifikasi “Baik”, uji coba kelompok kecil memperoleh presentase 81,46% dengan kualifikasi “Baik”, pada uji coba lapangan memperoleh presentase 84,62% dengan kualifikasi “Baik”, Hasil uji efektivitas dengan perhitungan N-gain memperoleh nilai 0,86 dengan kriteria Efektif, selanjutnya uji respon peserta didik pesentase sebesar 64,9% kategori ”Sangat Positif” kriteria “Sangat Praktis”, uji respon pendidik memperoleh persentase sebesar 46% kategori ”Sangat Positif” kriteria “Sangat Praktis”.

Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, bahasa inggris, MDLC

References

S. Lestari, “Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi,” Edureligia; J. Pendidik. Agama Islam, vol. 2, no. 2, hal. 94–100, 2018, doi: 10.33650/edureligia.v2i2.459.

K. Agustini, I. W. Santyasa, dan N. M. Ratminingsih, “Analysis of Competence on ‘tPACK’: 21st Century Teacher Professional Development,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1387, no. 1, 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1387/1/012035.

I. P. Admadja dan E. Marpanaji, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Praktik Individu Instrumen Pokok Dasar Siswa Smk Di Bidang Keahlian Karawitan,” J. Pendidik. Vokasi, vol. 6, no. 2, hal. 173, 2016, doi: 10.21831/jpv.v6i2.8107.

B. H. Hamdan, Media Pembelajaran Efektif. 2020.

A. Handini, I. Ermiana, dan I. Oktaviyanti, “Pengaruh Media Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SD Se- Gugus I Kecamatan Narmada,” vol. 7, 2022.

H. Dwi Surjono, Multimedia Embelajaran Nteraktif. 2017.

B. Mulyati, I. Idmi, dan S. Arfiyanah, “Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Akuntansi,” Prog. J. Pendidikan, Akunt. dan Keuang., vol. 1, no. 1, hal. 66–79, 2018, doi: 10.47080/progress.v1i1.130.

S. M. Hasnan dan Y. Fitria, “Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Dan Motivasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar,” vol. 4, no. 2, hal. 239–249, 2020.

A. M. Soleh, Tobari, dan N. Kesumawati, “Development of the practical manual as a learning media for simulator aircraft rescue and fire fighting,” Int. J. Sci. Technol. Res., vol. 8, no. 10, hal. 523–526, 2019.

M. Mustika, E. P. A. Sugara, dan M. Pratiwi, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle,” J. Online Inform., vol. 2, no. 2, hal. 121, 2018, doi: 10.15575/join.v2i2.139.

K. Setemen, “Pengembangan Dan Pengujian Validitas Butir Instrumen Kecerdasan Logis-Matematis,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 15, no. 2, hal. 178–187, 2018, doi: 10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14197.

Downloads

Published

2023-04-12

Issue

Section

Articles