Pengembangan Konten E-Learning Berstrategi Project Based Learning Berbantuan Schoology Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan Di SMK Negeri 1 Sawan

Authors

  • Nyoman Melati Pramesti Universitas Pendidikan Ganesha
  • P. Wayan Arta Suyasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dessy Seri Wahyuni Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

E-Learning, Schoology, Project Based Learning, Research and Development, ADDIE

Abstract

Abstrak—Pengembangan konten e-learning pada mata pelajaran Desain Grafis Percetakan dikembangkan karena, (1) terbatasnya sumber belajar yang digunakan guru pada mata pelajaran Desain Grafis Percetakandan (2) sulitnya mengarahkan siswa agarterfokus pada mata pelajaran Desain Grafis Percetakan yang dibawakan oleh guru pengajar.Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengimplementasikan pengembangan konten e-learning berstrategi project based learning berbantuan schoology pada mata pelajaran desain grafis percetakan, dan (2) mengetahui respon dari guru dan peserta didik setelah dikembangkannya konten e-learning berbantuan schoology. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Subjek pada penelitian pengembangan konten e-learning ini adalah siswa SMK Negeri 1 Sawan sebanyak 30 siswa dengan objek yang digunakan adalah media pembelajaran e-learning berbantuan schoology. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu: wawancara, observasi dan angket. Penelitian ini sudah melalui uji ahli isi dan uji ahli media dengan hasil rata-rata 100% dengan kriteria  “sangat tinggi”. Setelah melalui uji ahli, penelitian ini dilanjutkan dengan melakukan uji coba perorangan dengan hasil rata-rata 92%, uji coba kelompok kecil 93,2%, dan uji coba lapangan 93,5% yang masing-masing uji coba tersebut masuk dalam kategori “sangat baik”. Selanjutnya dilakukan uji respon peserta didik dengan rata-rata mendapat 66,53%, dan uji respon guru dengan rata-rata 48, yang masuk dalam kategori “sangat positif” . hal ini menunjukkan bahwa konten e-learning yang dikembangkan dapat digunakan oleh siswa dalam pembelajaran.

References

Agus, S. (2010). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Media.

ni luh yunitami, K. A. (2020). Pengembangan Konten Sejarah Berstrategi Flipped Classroom di SMA 4 Singaraja. karmapati.

Aunurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Cahyasari Kartika Murni, i. H. (2016). Pengaruh E-Learning Berbasis Schoology Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam . Jurnal IT-Edu.

Devy Meliana Putri Sugiarto, S. C. (2017). Pengembangan E-Learning Berbasis Schoology untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar Kelas X TKJ. Jurnal IT-EDU.

I Kadek Adi Winaya, I. G. (2016). Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Pemrograma WEB Kelas X di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.

I Made Tegeh, I. M. (2010). Model Penelitian Pengembangan Pendidikan Undiksha

Ni Komang Yesiati, G. S. (2017). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Menggabungkan Audio Kelas XI Multimedia. KARMAPATI.

Ni Kt Nik Aris Sandi Dewi, N. N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD N 8 Banyuning.

Sanaky, H. A. (2009). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press.

Sugiyono, P. D. (2019). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN. Bandung: Alfabeta.

Waluyo, P. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Standar Kompetensi Mengoperasikan Pengendali PLC di SMK Negeri 1 Madiun.

Downloads

Published

2023-04-03

Issue

Section

Articles