PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF MATERI TOLAK PELURU BERSTRATEGI BLENDED LEARNING DI SMP N 3 SINGARAJA

Authors

  • I Gede Kembar Arthayasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Ketut Agustini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dewa Gede Hendra Divayana Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

 Dalam kegiatan pembelajaran pendidikan olahraga jasmani dan kesehatan materi tolak peluru sumber belajarnya masih menggunakan video dari youtube dan buku paket sehingga menimbulkan hambatan dalam proses pemberian materi. Selain itu alat peraga berupa peluru saat pembelajaran juga masih sedikit yang menyebabkan kendala saat siswa melakukan praktik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengimplementasikan serta mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap media interaktif materi tolak peluru dengan model pembelajaran blended learning di kelas VIII mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP N 3 Singaraja. Pengembangan ADDIE yang terdiri tahapan analyze, design, development, implementation dan evaluation. Subjek dalam penelitian ini merupakan peserta didik dengan jumlah 30 orang kelas VIIIC di SMP N 3 Singaraja. Berdasarkan hasil tahapan yang telah dilalui diperoleh produk media interaktif dnegan menggunakan teknologi Captivate yang di distribusikan melalui LMS Google Classroom dengan hasil perolehan koefisien nilai rata-rata ahli isi, ahli media dan desain sebsar 1.00 yang berada pada kriteria ‘Sangat Valid” dengan nilai efektifitas produk mendapat perolehan N-Gain sebesar 0,80 dengan kriteria “Efektif” selain itu hasil rata-rata skor responden peserta didik sebesar 62,5 dan skor responden guru sebesar yang dimana masuk kriteria “Sangat Positif”.

References

Arsyad, A. (2002). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Baharuddin., et al. (2012). Teori belajar & Pembelajaran. Ar Ruzz Media.

Bersin, J. (2004). The blended learning book: Best practices, proven methodologies, and lessons learned. San Francisco: Pfeiffer Publishing.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Candiasa, I. M. (2011). Pengujian Instrumen Penelitian disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Undiksha Press.

Prasetio, S. C., Rai, I. W., & Lesmana, K. Y. P. (2018). Development of Learning Media Video With Addie Model for Athletics Material Shot-Put Style (O’Brien). E_Journal Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi Fakultas Olahraga Dan Kesehatan, Undiksha, 9(1), 1–11.

Purwanto, N. A. (2006). Kontribusi Pendidikan Bagi Pembangunan Ekonomi Negara. Jurnal Manajemen Pendidikan.

Putri, L & Harianto, A. (2019). Skill Acquisition Model Latihan Passing (Mengoper) Dwi, M. E. (2019). (2019). Dwi, M. E.

Hake, R. R. (2002). Relationship of Individual Student Normalized Learning Gains in Mechanics With Gender, High-school Physics, and Pretest Scores on Mathematics and Spatial Visualization. Physics Education Research Conference,. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user

Tegeh, I Made, & Kirna, I. M. (2010). Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Trio Setyawan, D., & Ismayanthi, E. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE CAPTIVATE PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 7 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 08(01), 53–59.

Downloads

Published

2023-04-03

Issue

Section

Articles