PENGEMBANGAN KONTEN INTERAKTIF MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK KELAS VII DI MTST MARDLATILLAH

Authors

  • Shodiq Damanhuri universitas pendidikan ganesha
  • Ketut Agustini Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Gede Sunarya Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Sumber belajar yang bersifat monoton dan hanya dapat dibaca tanpa adanya gambar ataupun video mengakibatkan kurangnya penyerapan terhadap materi yang disampaikan. Kurangnya variasi dalam  pembelajaran juga membuat peserta didik cenderung merasa bosan yang akhirnya menurunkan minat belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan konten interaktif berbasis problem based learning serta mendeskripsikan respon guru dan peserta didik terhadap pengembangan konten interaktif mata pelajaran Akidah Akhlak. Subjek dari penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII yang sudah mendapatkan mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsT Mardlatillah. Pengambilan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan validasi ahli, angket uji perorangan, kelompok kecil, lapangan, angket uji respons guru dan peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Development, Disseminasion). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan konten interaktif mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsT Mardlatillah berhasil diterapkan berdasarkan hasil uji validasi ahli isi memperoleh hasil nilai CVR = 1 dan nilai CVI = 1 dengan kategori Sangat Baik. Berdasarkan hasil uji validasi ahli desain dan media memperoleh nilai rata-rata sebesar 1,00 dengan kriteria Sangat Tinggi, (2) Hasil dari perhitungan uji efektivitas konten interaktif memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,74 dengan kriteria Tinggi, (3) Hasil yang diperoleh uji kriteria keberhasilan yaitu tingkat keberhasilan peserta didik sebesar 100% yang berada pada kriteria Sangat Baik, dan (4) Hasil perhitungan respons guru mendapatkan skor rata sebesar 41 dan pada peserta didik mendapatkan skor sebesar 64,6, dari kedua perhitungan tersebut berada pada kategori Sangat Positif.

Kata kunci: Konten Interaktif, Akidah Akhlak, Problem Based Learning, 4D

References

Bahraen, Raehanul. 2019. “Perbedaan antara Aqidah, Tauhid dan Manhaj”. Tersedia pada https://muslim.or.id/52250-perbedaan-antara-aqidah-tauhid-dan-manhaj.html (diakses tanggal 10 Maret pukul 13.11).

Binanto, I. (2010). Multimedia digital-dasar teori dan pengembangannya. Penerbit Andi.

Devi, A. S., & Maisaroh, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Pop-Up Wayang Tokoh Pandhawa pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas V SD. Jurnal PGSD Indonesia, 3(2).

Diantari, L. P. E., Damayanthi, L. P. E., Sugihartini, N. S., & Wirawan, I. M. A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Mastery Learning Untuk Mata Pelajaran KKPI Kelas XI. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 7(1), 33-47.

Haryati, S. (2012). Research and Development (R&D) sebagai salah satu model penelitian dalam bidang pendidikan. Majalah Ilmiah Dinamika, 37(1), 15.

Lawshe, C. H. (1975). A quantitative approach to content validity. Personnel psychology, 28(4), 563-575.

Munadi, Yudhi. 2008. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Ciputat: Gaung Persada Press

Munadi, Y. (2008). Media pembelajaran Sebuah Pembe-lajaran Baru. Ciputat: Gaung Persada.

Munir, M. (2012). Multimedia konsep & aplikasi dalam pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Purnamawati, D., Ertikanto, C., & Suyatna, A. (2017). Keefektifan lembar kerja siswa berbasis inkuiri untuk menumbuhkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 209-219.

Rahmadani, R., & Taufina, T. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 938-946.

Rerung, N., Sinon, I. L., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA pada materi usaha dan energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 47-55.

Steinmetz, R. & Nahrstedt, K.(1995). Multimedia: Computing, Communications and Application. Kuala Lumpur: Prentice Hall.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta

Sunardi, D., & Nelfiyanti, N. (2015). PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DALAM MATAKULIAH AL-ISLAM II DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA. JISI: Jurnal Integrasi Sistem Industri, 2(2), 1-8.

Susilo, I. T. (2013). Aplikasi Pembelajaran Organ Tubuh Manusia Untuk SIswa SD Berbasis Android (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Thiagarajan, S., Semmel, Ds., Semmel, M. 1974. Intructional Development For Training Teachers Of Exceptional Children. A Source Book Blomingtn, Central For Innovation On Tesching The Handicapped.

Downloads

Published

2023-04-03

Issue

Section

Articles