ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA E-RAPOR MENGGUNAKAN METODE END-USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) DI SMP NEGERI 1 SUKASADA

Authors

  • Gede Pujana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Ardwi Pradnyana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Resika Artha Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

e-Rapor, EUCS, Kepuasan Pengguna, SMP Negeri 1 Sukasada

Abstract

E-Rapor merupakan aplikasi berbasis web yang membantu guru dalam meningkatkan pengetahuan menulis dan kemampuannya dalam mengajar di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna e-Rapor dengan model End-User Computing Satisfaction (EUCS) yang dilihat dari lima variabel isi, akurasi, format, kemudahan penggunaan, dan ketepatan waktu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan survei, dengan 36 responden dari SMP Negeri 1 Sukasada. Setelah melakukan uji validasi dan reliabilitas, data dikumpulkan, dan rumus metode linkert digunakan untuk perhitungan. Dengan menggunakan metode EUCS, penelitian ini menemukan bahwa 78% responden di SMP Negeri 1 Sukasada merasa puas dengan persentase isi 83,6 %, akurasi 77,3 %, format 82 %, kemudahan penggunaan 73,8 %, dan 70,6 % ketepatan waktu dari e-Rapor.

References

Darwi, A. R., & Efrizon, E. (2019). Analisis Kepuasan Pengguna Akbar, B. B. (2019). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Manajemen Nikah Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction. Fakultas Sains Dan Teknologi Jurusan Sistem Informasi UIN SUSKA Riau, 3(1), 24–32.

Darwi, A. R., & Efrizon, E. (2019). Analisis Kepuasan Pengguna E-Learning Sebagai Pendukung Aktivitas Pembelajaran Menggunakan Metode Eucs. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(1), 25. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i1.103639

Erlika, Y., Wijaya, F. K., & Santi, R. (2017). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Penerapan Simak Online Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) (UIN Raden Fatah Palembang). Jusifo (Jurnal Sistem Informasi), 3(1), 29–40. https://doi.org/10.19109/jusifo.v3i1.3858

Farida Hanifah, S. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Akhir Terha Dap Layanan “ Gopay ” Melalui Pendekatan End User Computing Satisfaction ( Eucs ) Skripsi. STIE Yogyakarta.

Fitriansyah, A., & Harris, I. (2018). Pengukuran Kepuasan Pengguna Situs Web Dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Query: Jurnal Sistem Informasi, 2(1), 1–8. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/query/article/view/1552

Hartawan Syarif, M. (2017). Evaluasi Kepuasan User Interface Desain Aplikasi Android Menggunakan End User Computing Satisfaction (Eucs) Pada Aplikasi Android Sciencom Evaluation. Incomtech, 6(1), 1–7.

Maulidiya, & Sugiyono. (2021). Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Saku Mahasiswa Dengan. DiJITAC, 2(1), 165–182.

Saputra, A., & Kurniadi, D. (2019). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi E-Campus Di Iain Bukittinggi Menggunakan Metode Eucs. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(3), 58. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i3.105157

Sari, W. V., & Hadi, A. (2021). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan E-Office BAK di portal.unp.ac.id Menggunakan EUCS (End User Computing Satisfation). Jurnal Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika, 9(2).

Setyoningrum, & Raras, N. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Kerja Praktek dan Skripsi (SKKP) Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Journal of Applied Informatics and Computing, 4(1), 17–21. https://doi.org/10.30871/jaic.v4i1.1645

Doll, W. J., dan Torkzadeh, G. (1988). The measurement of end-user computing satisfaction. MIS quarterly, 259–274.

Pratama, J. G., Kom, S., Afriyudi, M., Yadi, I. Z., dan MM, M. (2012). Analisa sistem informasi entri krs online pada universitas bina darma dengan menggunakan metode end-user computing (euc) satisfaction. Jurnal Ilmiah Fak. Ilkom Vol, 1(1), 1–20.

Supranto, J. (2008). Statistik teori dan aplikasi cet. VII. Jakarta: Erlangga

Komaruddin, 2001. Ensilopedia Manajemen, Edisi ke 5, Jakarta, Bumi Aksara.

Azwar, 2019. Analisis Kualitas Layanan Sistem Manajemen Apartur Responsif TerpaduMenggunakan Metode Servqual. Universitas Muhammadiyah Riau.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA, CV.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Statistik Nonparametris untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung:Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Mahmud, (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia..

Downloads

Published

2023-04-03

Issue

Section

Articles