PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI KESELAMATAN KERJA MATA PELAJARAN SANITASI, HYGIENE, DAN KESELAMATAN KERJA DI KELAS X DI SMK NEGERI 2 SINGARAJA
Keywords:
Konten Pembelajaran Interaktif, Articulate Storyline, Mata Pelajaram Sanitasi, Hygiene dan Keselamatan Kerja , MDLCAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui respon guru serta peserta didik Terhadap Pengembangan Konten Pembelajaran Interaktif dengan menggunakan Articulate storyline 3 Pada Kelas X Perhotelan 1 Di SMK Negeri 2 Singaraja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah reseacrh and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Penelitian ini dilakukan di jurusan Perhotelan untuk kelas X Perhotelan 1 pada 27 peserta didik dan guru pengampu mata pelajaran Sanitasi, Hygiene, Dan Keselamatan Kerja. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan lembar validasi ahli, angket uji coba perorangan, angket uji coba kelompok kecil, angket uji coba lapangan dan uji efektivitas. Hasil dari perhitungan uji ahli isi dan media pembelajaran mendapatkan hasil rata-rata perhitungan sebesar 1,00 bila dikonversikan ke tabel kriteria rata-rata uji ahli pada tabel membuktikan tingkat validitas “Sangat Tinggi”. Pada respon uji perorangan memperoleh persentase sebesar 83%, pada respon uji kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 81%,dan pada respon uji lapangan memperoleh persentase sebesar 82%. Dan pada uji efektivitas dengan memberikan pretest dan posttest memperoleh hasil perhitungan N-Gain sebesar 0,80 yaitu masuk kedalam interprestasi tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan konten pembelajaran interaktif ini menunjukkan kualitas produk yaitu valid, praktis dan efektif.
References
Mustika, M., Sugara, E. P. A., & Pratiwi, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. Jurnal Online Informatika, 2(2), 121. https://doi.org/10.15575/join.v2i2.139
Chikh, A. (2014). A general model of learning design objects. Journal of King Saud University - Computer and Information Sciences, 26(1), 29–40. https://doi.org/10.1016/j.jksuci.2013.03.001
Sapitri, D., & Bentri, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X. Inovtech, 02(00), Xx–Xx. Https://Doi.Org/10.1007/Xxxxxx-Xx-0000-00
Driscoll, M. (2002). Blended Learning: Let’s Get Beyond the Hype. [online]. Diakses dari http://www-8.ibm.com/services/pdf/blended_learning.pdf
Thorne, Kaye.(2013). Blended Learning: How to Integrate Online and Traditional Learning. USA: Kogan Page Limited
Dwiyoga, Wasis. 2019. Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal Of Information System, Applied, Management, Accounting And Research), 4(2), 30-36. Retrieved From Http://Journal.Stmikjayakarta.Ac.Id/Index.Php/Jisamar/Article/View/181
Sadikin, A. ., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19: (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). BIODIK, 6(2), 214-224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Surjono Dwi, H. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan. In Fitriyanti (Ed.), UNY Press (Edisi Pert, Issue April). UNY Press.
Sapitri, D., & Bentri, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X. Inovtech, 02(00), Xx–Xx. Https://Doi.Org/10.1007/Xxxxxx-Xx-0000-00
Downloads
Published
Issue
Section
License
KARMAPATI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.