Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Sistem Komputer di Kelas X SMKN 1 Manggis

Authors

  • I Made Arya Riananda Putra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Windu Antara Kesiman Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Mahendra Darmawiguna Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

ADDIE, Media Pembelajaran, Android, Sistem Komputer

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Rancangan dan implementasi dari Pengembangan Media Pembelajaran Mata Pelajaran Sistem Komputer Mengenai struktur dan fungsi komputer untuk kelas X di SMK Negeri 1 Manggis. (2) Hasil respon siswa kelas X TKJ 2 terhadap Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Android pada mata pelajaran Sistem Komputer Mengenai struktur dan fungsi komputer layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk kelas X TKJ SMK Negeri 1 Manggis. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation).

Hasil penelitian menunjukkan (1) Respon pengguna yaitu siswa sekolah menengah kejuruan terhadap Media Pembelajaran berbasis android Mata Pelajaran Sistem Komputer Mengenai struktur dan fungsi komputer mendapatkan respon yang baik dan siswa sangat tertarik dan antusias untuk mempelajari materi struktur dan fungsi komputer dengan cara menggunakan media pembelajaran. (2) Dari hasil uji usability terhadap 17 siswa di sekolah menengah kejuruan yang dijadikan responden dalam melihat uji usability media pembelajaran didapatkan hasil yang positif artinya media pembelajaran berbasis android mata pelajaran sistem komputer mengenai struktur dan fungsi komputer termasuk pada kategori Baik.

References

. Abdi, K. H., Antara, M. W., & Santyadiputra, G. S. (2019). Pengembangan media pembelajaran buku digital berbasis Augmented Reality mata pelajaran komputer komputer dan jaringan dasar pada sub pokok Bahasan Perakitan Komputer.

. Ardianti, T. R., & Susanti. (2022). Pengembangan Media Pemblajaran Interaktif Berbasis Android pada Mata Pelajaran Akuntasi Keuangan SMK. Edukatif:Jurnal Ilmu Pendidikan, 2879-2892.

. Istiqlal, M. (2019). Pengembangan Pembelajaran Multimedia Dalam Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 43-54.

. Kadi, T., & Awwaliyah, R. (2017). Inovasi Pendidikan : UPAYA PENYELESAIAN PROBLEMATIKA PENDIDIKAN DI INDONESIA.

. Rismayanti, T. A., Anriani, N., & Sukirwan. (2022). Pengembangan E-Modul Berbantu Kodular pada Smartphone untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. 859-873.

. Sulistyorini, & Listiadi, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Ispring Suite 10 Berbasis Android pada Materi Jurnal. 2116-2126.

. wahid, a. (2018). PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKANPRESTASI BELAJAR.

. Yunus, Y., & Sardiawan, M. (2018). PERANCANGAN DAN PEMBUATANMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER(STUDI KASUS KELAS X RPL SMK NEGERI 2 PADANG). 31-41.

Downloads

Published

2023-04-03

Issue

Section

Articles