PENGEMBANGAN FILM ANIMASI 2 DIMENSI LEGENDA TERBENTUKNYA DESA SUMBERKIMA

Authors

  • Adrian Kurniansyah Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Windu Antara Kesiman Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Bendesa Subawa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v12i3.66081

Abstract

Penelitian ini mengangkat cerita legenda terbentuknya Desa Sumberkima yaitu bertujuan sebagai sarana edukasi dan informasi untuk mengetahui legenda terbentuknya Desa Sumberkima supaya nantinya legenda dari Desa Sumberkima ini tidak terlupakan dan hilang ditelan oleh waktu. Di dalam pengerjaan film ini peneliti menggunakan metode research and development (R&D) dengan mengadaptasi model penelitian MDLC. Yang terdiri dari enam tahap yaitu Konsep (Concept), Perancangan (Design), Pengumpulan Bahan (Material Collecting), Pembuatan (Assembly), Pengujian (Testing) dan Distribusi (Distribution), Dengan menggunakan model ini dapat menghasilkan produk media film animasi 2D yang baik. Beberapa pengujian dilakukan untuk mengetahui tingkat keefektifan media film animasi 2D, yang di anataranya ialah Uji ahli isi mendapatkan skor validitas sebesar 1.00 termasuk validitas “Sangat Baik” , uji ahli media mendapat skor validitas sebesar 1.00  termasuk validitas “Sangat Baik” dengan adanya revisi dan uji respon pengguna mendapatkan rata-rata 46,4 dapat dinyatakan kedalam kualifikasi “Sangat Positif” dan kriteria “Sangat Baik”.

References

A. S. Agustinningrum, “Film Animasi Legenda Candi Prambanan Menggunakan Media 3DS Max,” 2016.

H. Budiman, “Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan,” Al-Tadzkiyyah J. Pendidik. Islam, vol. 8, no. 1, p. 31, 2017, doi: 10.24042/atjpi.v8i1.2095.

N. K. T. A. Saputri, I. G. P. Sindu, and I. M. W. A. Kesiman, “Adaptasi Cerita Pahlawan ‘Riwayat Hidup Mr . I Gusti Ketut Pudja’ Dalam Bentuk Film Animasi 2D,” Kumpul. Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform., vol. 9, pp. 185–192, 2020.

Y. I. Siddiq, I. K. Sudarma, and A. H. Simamora, “Pengembangan Animasi Dua Dimensi Pada Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar,” J. Edutech Undiksha, vol. 8, no. 2, p. 49, 2020, doi: 10.23887/jeu.v8i2.28928.

I. M. R. A. Jaya, I. G. M. Darmawiguna, and M. W. A. Kesiman, “Pengembangan Film Animasi 2 Dimensi ‘ Sejarah Perang Jagaraga ,’” Kumpul. Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform. (KARMAPATI, vol. 9, no. 3, pp. 222–231, 2020.

B. Muhdaliha and D. R. D. Batuaya, “Film Animasi 2 Dimensi Cerita Rakyat Bali Berjudul I Ceker Cipak,” J. Bhs. Rupa, vol. 1, no. 1, pp. 61–72, 2017, doi: 10.31598/bahasarupa.v1i1.143.

A. Firmansyah, M. K.-D. M. dan Teknologi, and undefined 2013, “Pembuatan Film Animasi 2D Menggunakan Metode Frame by Frame Berjudul ‘Kancil dan Siput,’” Ojs.Amikom.Ac.Id, vol. 14, no. 04, pp. 10–13, 2013, [Online]. Available: http://ojs.amikom.ac.id/index.php/dasi/article/viewFile/167/153

R. Guines Purnasiwi and M. P. Kurniawan, “Dengan Teknik Masking,” J. Ilm. DASI, vol. 14, no. 04, pp. 54–57, 2013.

M. Munir, Multimedia dan Konsep Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta, 2013.

Kanal Informasi, “Pengertian Dan Teknik Pembuatan Animasi,” Kanalinfo.web.id, 2019. https://www.kanalinfo.web.id/pengertian-dan-teknik-pembuatan-animasi (accessed Jun. 10, 2022).

Y. P. Nadya Sari, “Analisis Visual Penerapan 12 Prinsip Animasi Dalam Film Grey & Jingga : the Twilight Animated Series Episode 1,” J. Titik Imaji, vol. 2, no. 2, pp. 80–86, 2019, [Online]. Available: https://journal.ubm.ac.id/index.php/titik-imaji/article/view/1955/1592

D. N. Bonafix, “Videografi: Kamera dan Teknik Pengambilan Gambar,” Humaniora, vol. 2, no. 1, p. 845, 2011, doi: 10.21512/humaniora.v2i1.4015.

Pengertianku, “Pengertian Audio dan Media Audio Secara Lengkap,” pengertianku.net, 2014. https://www.pengertianku.net/2014/11/pengertian-audio-dan-media-audio-secara-lengkap.html (accessed Jun. 10, 2022).

I. Binanto, Multimedia Dasar - Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta. 2010.

I. P. S. Atmaja, I. P. Putrama, and M. W. A. Kesiman, “Pengembangan Film Animasi 2 Dimensi Sejarah Perang Kerajaan Bangli , Taman Bali Dan Gianyar,” Kumpul. Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform., vol. 11, no. 1, pp. 25–34, 2022.

R. Defiana, I. G. P. Sindu, and I. M. Putrama, “Pengembangan Film Animasi 2 Dimensi Perang Puputan Bayu Banyuwangi,” Kumpul. Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform., vol. 9, no. 3, pp. 212–221, 2020.

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles