Pengembangan Film Animasi 3 Dimensi Sejarah Tradisi Megebeg-Gebegan di Desa Tukadmungga

Authors

  • Made Ardi Sudipta Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dewa Gede Hendra Divayana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Partha Sindu Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Sejarah, Tradisi Megebeg-Gebegan, Animasi 3 Dimensi

Abstract

Film Animasi 3 Dimensi Sejarah Tradisi Megebeg-Megebegan di Desa Tukadmungga menceritakan awal mula terjadinya Tradisi Megebeg-Gebegan serta nilai pendidikan yang terkandung di dalamnya. Tradisi Megebeg-Gebegan merupakan tradisi turun temurun yang di laksanakan di Desa Tukadmungga setiap satu tahun sekali tepatnya pada sasih kesange di pengerupukan hari raya Nyepi. Dalam proses pelaksanaan tradisi megebeg-gebegan terkandung nilai-nilai pendidikan seperti : pendidikan etika, pendidikan tattwa, pendidikan teo-etika. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengembangkan film animasi 3 dimensi Sejarah Tradisi Megebeg-Gebegan di Desa Tukadmungga, (2) Untuk mengetahui respon penonton terhadap film animasi 3 dimensi Sejarah Tradisi Megebeg-Gebegan di Desa Tukadmungga.

Film Animasi 3 Dimensi Sejarah Tradisi Megebeg-Gebegan dikembangkan dengan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) tahapannya terdiri dari concept (pengonsepan), design (perancangan), material collecting (pengumpulan bahan), assembly (pembuatan), testing (pengujian), dan distribution (pendistribusian). Dengan dibuatnya Film Animasi 3 Dimensi Sejarah Tradisi Megebeg-Gebegan di Desa Tukadmungga, masyarakat diharapkan mampu mengetahui Sejarah Tradisi Megebeg-Gebegan di Desa Tukadmungga beserta nilai-nilai yang terkandung di dalamnnya.  Beberapa pengujian telah dilakukan  yaitu pengujian ahli isi yang mendapat hasil 100%, pengujian ahli media mendapat hasil 100% dan pengujian respon pengguna mendapat nilai rata-rata sebesar 48,1 sehingga film animasi ini masuk pada kualifikasi sangat positif dengan kriteria sangat baik.

References

V. T. Wiediharto, I. N. Ruja, and A. Purnomo, “Nilai-Nilai Kearifan Lokal Tradisi Suran,” Diakronika, vol. 20, no. 1, pp. 13–20, Jun. 2020, doi: 10.24036/DIAKRONIKA/VOL20-ISS1/122.

Zaini, “Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Krayahan Bayi,” journal.stitaf.ac.id, 2017. https://stitaf.ac.id/journal.stitaf.ac.id/index.php/cendekia/article/view/49/192 (accessed Jul. 29, 2022).

H. M. . Nahak, “Upaya Melestarikan Budaya Indonesia Di Era Globalisasi,” J. Sosiol. Nusant., vol. 5, no. 1, pp. 65–76, 2019, doi: 10.33369/jsn.5.1.65-76.

Mangundjaya, Kearifan lokal, budaya & pemimpin perubahan. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2019. Accessed: May 26, 2022. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/PEMIMPIN_PERUBAHAN_LINTAS_BUDAYA/bvtZEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=berbagai+budaya+bali&pg=PA103&printsec=frontcover

I. M. P. Subawa, “Bali dalam Dinamika Masyarakat dan Kebudayaan di Tengah Perkembangan Pariwisata,” Pariwisata Budaya, vol. 3, no. 1, pp. 95–109, 2018.

N. L. K. Sukarniti, “Pewarisan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Untuk,” vol. 3, no. 1, pp. 39–50, 2020.

I. M. Arya, “Konsep ketuhanan dalam lontar gong besi,” Genta Hredaya, vol. 2, no. 1, pp. 63–69, 2018, [Online]. Available: https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_penelitian_1_dir/8e94d1953c88e78e39cd8edd0a759a6d.pdf

K. L. Ariani, “Tradisi Magebeg-Gebegan Godel Serangkaian Hari Raya Nyepi Di Desa Pakraman Dharmajati Tukadmungga Kecamatan Bulelengkabupaten Buleleng (Persepektif Pendidikan Teo-Etika),” Purwadita J. Agama dan Budaya, vol. 1, no. 2, pp. 44–58, Aug. 2017, doi: 10.55115/PURWADITA.V1I2.204.

L. Susanti, H. Joebagio, and S. Yamtinah, “Tradisi Tunggul Wulung Sebagai Sarana Penguat Jati Diri Bangsa,” 2018.

W. Hanafiah, “Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Media Film,” Epigram, Vol. 16, No. 2, Pp. 149–158, 2019, Doi: 10.36733/Jsp.V1i1.463.

A. Mertayasa, G. S. Santyadiputra, I. Gede, and M. Darmawiguna, “Film Dokumenter Tradisi Megebeg-Gebegan ‘Sebuah Kebersamaan Yang Hilang,’” KARMAPATI (Kumpulan Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform., vol. 8, no. 2, pp. 273–284, Jul. 2019, doi: 10.23887/KARMAPATI.V8I2.18262.

M. Agus and S. Dhalia, “Peninggalan Sejarah Sebagai Sumber Belajar Sejarah Dalam Penanaman Nilai-Nila Kebangsaan Di Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi,” Khazanah Pendidik., vol. 8, no. 1, pp. 41–57, 2019.

Edy Prayitno, Deborah Kurniawati, and Ilham Rais Arvianto, “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran | Seminar Nasional Konsorsium Untag Se Indonesia,” Seminar Nasional Konsorsium UNTAG SE INDONESIA, 2018. http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/semnasuntag/article/view/1689 (accessed Aug. 29, 2022).

R. N. Eli and S. Sari, “Pembelajaran Sistem Koloid Melalui Media Animasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar SiswA,” JTK (Jurnal Tadris Kim., vol. 3, no. 2, pp. 135–144, Dec. 2018, doi: 10.15575/jtk.v3i2.3713.

P. Ayu, R. Lestari, and I. K. Setiawan, “Adaptasi Cerita Rakyat Jayaprana Dan Layonsari Dalam Bentuk Animasi 2d,” Online, 2019. [Online]. Available: https://jurnal.std-bali.ac.id/index.php/nawalavisual

A. D. F. and , I. B. H. M. T. . P. . Raharwin, “Efektifitas Media Pembelajaran Video Animasi dalam Meningkatkan Communication Skill Siswa Kelas XI TKJ SMK Muhammadiyah 3 Surakarta - UMS ETD-db,” 2019. http://eprints.ums.ac.id/79147/ (accessed Jun. 03, 2022).

Adnyana Yasa, “Animasi Sebagai Inspirasi Pelestarian Budaya Berkelanjutan,” Senada, 2018. https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/38/18 (accessed May 26, 2022).

A. K. Lingga, “View of Pemanfaatan Animasi Promosi Dalam Media Youtube,” Senada, 2019. https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/147/115 (accessed Jun. 03, 2022).

Pasek, “ANIMASI SI UMA Representasi Lokalitas dan Budaya Bali,” SENADA, Jun. 2019, Accessed: Jun. 28, 2022. [Online]. Available: https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/239/126

Panca Javandalasta, “5 Hari Mahir Bikin Film - Google Books,” Batik Publisher, 2021. https://www.google.co.id/books/edition/5_Hari_Mahir_Bikin_Film/SqQlEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pengertian+film&pg=PT6&printsec=frontcover (accessed Aug. 29, 2022).

Jubilee Enterprise, “Dasar-Dasar Animasi Komputer - Google Buku,” Pt Elex Media Komputindo, 2020. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=mlnYDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=dasar+dasar+animasi&ots=8yGFICs5-1&sig=FG1bijV3dwkgp1rATN3K1WMnwU0&redir_esc=y#v=onepage&q=dasar dasar animasi&f=false (accessed Aug. 29, 2022).

N. Mulyani, “Perancangan Proses Pra Produksi Film Animasi 3d Legenda Putri Merak Jingga,” Jurteksi (Jurnal Teknol. dan Sist. Informasi), vol. 5, no. 2, pp. 183–192, Jul. 2019, doi: 10.33330/JURTEKSI.V5I2.361.

Dwi, N. Trisna Rahayu, I. Made Gede Sunarya, I. Gede Bendesa Subawa, and F. Teknik dan Kejuruan, “Pengembangan Film Animasi 3 Dimensi Tude The Movie Pentingnya Mencuci Tangan Yang Benar,” KARMAPATI (Kumpulan Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform., vol. 10, no. 2, pp. 173–181, Aug. 2021, doi: 10.23887/KARMAPATI.V10I2.36017.

Downloads

Published

2023-08-25

Issue

Section

Articles