PENGEMBANGAN FILM ANIMASI 3 DIMENSI SEJARAH DESA BERANGBANG
Keywords:
Sejarah Desa Berangbang; MDLC; R&D; Animasi 3 DimensiAbstract
Film Animasi 3 Dimensi Sejarah Desa Berangbang adalah sebuah kisah yang menceritakan sebuah kerajaan yang bernama Kerajaan Berangbang yang mana Kerajaan Berangbang dibangun untuk mengawasi Belambangan dalam perjalanannya banyak mengalami berbagai peristiwa seperti kalah berperang dengan Kerajaan Berangbang, namun status Berangbang kembali menjadi kerajaan karena Kerajaan Buleleng kalah melawan Kerajaan Mengwi. Lalu Kerajaan Berangbang runtuh karena membunuh naga sebagai isin suci untuk upacara atiwa-tiwa maligya. Informasi mengenai sejarah desa Berangbang masih sangat minim di kalangan masyarakat khususnya masyarakat desa Berangbang itu sendiri, berdasarkan hasil angket yang telah disebar, sehingga perlu adanya sebuah media informasi yang efektif dalam menyampaikan Sejarah Desa Berangbang. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengembangkan film Animasi 3 Dimensi Sejarah Desa Berangbang sebagai media yang digunakan untuk memperkenalkan Sejarah Desa Berangbang yang nantinya dapat memberikan sebuah informasi maupun edukasi kepada masyarakat terutama masyarakat desa Berangbang. Metode yang digunakan merupakan Research and Development (R&D) dengan model penelitian Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan 6 tahapan Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Beberapa pengujian dilakukan pada film animasi mulai dari uji ahli isi dengan hasil 100%, uji ahli media dengan hasil 100%, dan uji respon penonton dengan hasil 79% menyatakan sangat setuju, 21% menyatakan setuju sehingga film animasi ini dapat dinyatakan sangat baik
References
P3DB (Para Peduli Pembangunan Desa Berangbang), Kerajaan Berangbang Kejayaan Desa Berangbang Dimasa Silam, 8th ed. Negara: P3DB (Para Peduli Pembangunan Desa Berangbang), 2004.
I. Nyoman, A. Wardiana, I. Nyoman Piarsa, G. Made, and A. Sasmita, “Rancang Bangun Film Animasi 3 Dimensisejarah Pura Tanah Lot,” E-Journal SPEKTRUM, vol. 2, no. 4, Dec. 2015.
W. Subagiarta, I. Gede, P. Sindu, D. Gede, and H. Divayana, “Sistem Peredaran Darah Manusia Pada Kelas Viii Di Smp,” Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), vol. 11, 2022.
Dina Utami, “Animasi Dalam Pembelajaran,” Majalah Ilmiah Pembelajaran, vol. Volume 7, pp. 44–52, May 2011.
N. Putu, B. Pratiwi, G. Mahendra Darmawiguna, M. Windu, and A. Kesiman, “Pengembangan Film Animasi 3 Dimensi Sejarah Pembangunan Pelabuhan Buleleng,” Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), vol. 9, no. 3, 2020.
A. Candra, R. Pratama, G. Mahendra Darmawiguna, I. Gede, and B. Subawa, “Pengembangan Film Animasi 3 Dimensi Peran Kapten Ida Bagus Putu Japa Dalam Serangan Umum Kota Denpasar,” Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), vol. 10, no. 3, 2021.
K. Gus Oka Ciptahadi, A. Agung Ngurah Mayun Candra Drawa Waisaka, and I. Wayan Arya Budhayana, “Ilustrasi Animasi 3d Sejarah Hari Raya Galungan Di Pulau Bali,” Jurnal Informatika, vol. 9, no. 2, 2021, [Online]. Available: https://www.ejournal.lembahdempo.ac.id/index.php/AMIK-JI
W. Novayani and G. Eka Budiansyah, “Implementasi MDLC dan Pose to Pose dalam Film Animasi 3D Sejarah Kerajaan Melayu Siak,” 2022. [Online]. Available: http://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JAIC
M. Wati, S. Hartini, N. Hikmah, and S. Mahtari, “Developing physics learning media using 3D cartoon,” in Journal of Physics: Conference Series, Institute of Physics Publishing, Apr. 2018. doi: 10.1088/1742-6596/997/1/012044.
D. Alim Cendekia, L. Sidyawati, S. Dhesti Anggriani, and K. Desta Rahmanto, “The Fusion of 3D Animation Film and Macapat Song Increases the Curiosity of Junior High School Students to Learn Traditional Music,” KnE Social Sciences, pp. 342–347, Aug. 2022, doi: 10.18502/kss.v7i13.11680.
A. Caniago and E. Hero, “Fenomena Mengunggah Film Pendek di Media Sosial pada Mahasiswa Komunikasi Universitas Islam Riau,” Journal of Social Media and Message Juni, vol. 2022, no. 1, pp. 24–35, 2022.
N. Komang Sriasih, G. Mahendra Darmawiguna, M. Windu, A. Kesiman, F. Teknik, and D. Kejuruan, “Penggunaan Prinsip Staging Dalam Proses Pembuatan Film Animasi 3d Profil I Gusti Ketut Jelantik Sang Pahlawan Nasional,” Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), vol. 9, no. 2, 2020.
L. A. Priyono, P. P. Purwacandra, S. G. Gunanto, and K. Widhiyanti, “Penerapan Prinsip Animasi Dalam Penciptaan Animasi 3d ‘Kepiting,’” Journal of Animation & Games Studies, vol. 6, pp. 51–66, Apr. 2020.
J. Titik Imaji and Y. Purnama Sari, “Analisis Visual Penerapan 12 Prinsip Animasi Dalam Film Grey & Jingga: The Twilight Animated Series Episode 1,” JURNAL TITIK IMAJI, vol. 2, no. 2, pp. 80–86, 2019, [Online]. Available: http://journal.ubm.ac.id/index.php/titik-imaji/
S. Artaty Zega, G. P. Julyfer, I. NazarH, and W. Aditya, “Penerapan Prinsip-Prinsip Animasi Pada Film Pendek Animasi ‘Nohoax,’” Journal of Applied Multimedia and Networking (JAMN), vol. 6, no. 1, pp. 1–11, 2022, [Online]. Available: http://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JAMN
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
KARMAPATI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.