PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY TEKNIK PENULISAN AKSARA BALI
Keywords:
Pengembangan, Media Pembelajaran Augmented Reality, Aksara BaliAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui respon guru dan siswa serta efektifitas pengembangan media pembelajaran Augmented Reality Teknik penulisan Aksara Bali. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D) dengan model pengembangan MDLC (Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution). Penelitian ini dilakukan pada 13 siswa dan seorang guru yang mengampu mata pelajaran Bahasa Bali di SD Negeri 5 Pujungan. Pengumpulan data dalam penelitian ini didapatkan dengan menggunakan lembar validasi ahli, angket uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, uji lapangan, uji efektivitas, angket uji respon guru dan siswa. Hasil perhitungan ahli isi materi dan ahli media dengan skor masing-masing 1,00 mendapat kriteria “Sangat Tinggi”. Pengujian dari uji coba perorangan mendapat presentase skor 93,7% dengan kualifikasi “Sangat Baik”, uji coba kelompok kecil mendapat presentase skor 92,9% dengan kualifikasi “Sangat Baik”, dan uji lapangan mendapat presentase skor 94,2% dengan kualifikasi “Sangat Baik”. Uji efektivitas dengan memberikan pretest dan posttest memperoleh hasil perhitungan N-Gain 0,74 mendapat kriteria “Tinggi”. Hasil perhitungan uji respon guru mendapat rata-rata skor 49 dengan kategori “Sangat Positif”, respon siswa mendapat skor rata-rata 70,2 dengan kategori “Sangat Positif. Sehingga, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan media Augemted Reality teknik penulisan Aksara Bali ini mendapat kualitas produk sangat valid, sangat baik, dan sangat efektif.
References
K. Agus Kamiana, M. Windu, A. Kesiman, and G. A. Pradnyana, “Pengembangan Augmented Reality Book Sebagai Media Pembelajaran Virus Berbasis Android,” 2019.
M. Hasan, Mp. Milawati, Mp. Darodjat, and Ma. DrTuti Khairani Harahap, Makna Peran Media Dalam Komunikasi dan Pembelajaran │i MEDIA PEMBELAJARAN, 1st ed. 2021.
W. Sanjaya, “Media Komunikasi Pembelajaran,” Kencana Prenada Media Group, p. 278, 2012, Accessed: Feb. 18, 2023. [Online]. Available: https://books.google.com/books/about/Media_Komunikasi_Pembelajaran.html?hl=id&id=wiBQEAAAQBAJ
K. C. Brata and A. H. Brata, “Pengembangan Aplikasi Mobile Augmented Reality untuk Mendukung Pengenalan Koleksi Museum,” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 5, no. 3, p. 347, Aug. 2018, doi: 10.25126/jtiik.201853798.
I. Mustaqim, S. T. Pd, and N. Kurniawan, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality,” 2017. [Online]. Available: http://journal.uny.ac.id/index.php/jee/
A. Nugroho and B. A. Pramono, “Aplikasi Mobile Augmented Reality Berbasis Vuforia Dan Unity Pada Pengenalan Objek 3d Dengan Studi Kasus Gedung M Universitas Semarang,” 2017. [Online]. Available: www.unity3d.com.
A. Fajar Ramadhan, “MDLC”.
A. Wiharto and C. Budihartanti, “Aplikasi Mobile Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Hardware Komputer Berbasis Android,” vol. 4, no. 2, 2017.
“Multimedia Digital - Dasar Teori dan Pengembangannya - Iwan Binanto - Google Buku.” Accessed: Apr. 07, 2023. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=UqWLna0oaUYC&printsec=copyright&hl=id#v=onepage&q&f=false
A. Harahap and A. Sucipto, “Pemanfaatan Augmented Reality (Ar) Pada Media Pembelajaran Pengenalan Komponen Elektronika Berbasis Android,” 2020.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
KARMAPATI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.