PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI 3 DIMENSI PROFIL IDA DEWA AGUNG ISTRI KANYA SANG SRIKANDI PERANG KUSAMBA
DOI:
https://doi.org/10.23887/karmapati.v13i2.77702Keywords:
Animasi 3D, Ida Dewa Agung Istri Kanya, Perang Kusamba, MDLC, Unreal EngineAbstract
Video animasi 3D profil Ida Dewa Agung Istri Kanya Sang Srikandi Perang Kusamba merupakan video profil pejuang wanita yang memiliki peran penting dalam sejarah Perang Kusamba. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video animasi 3D profil Ida Dewa Agung Istri Kanya Sang Srikandi Perang Kusamba serta mendeskripsikan respon penonton video animasi 3D profil Ida Dewa Agung Istri Kanya Sang Srikandi Perang Kusamba dengan menggunakan metode Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang memiliki 6 tahapan dalam pengembangan, yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Hasil penelitian berdasarkan uji ahli isi dan uji ahli media memperoleh koefisien validitas sebesar 1.00, dengan tingkat validitas “Sangat Tinggi” dan hasil uji respon penonton dengan 40 orang responden menunjukan bahwa sebanyak 97,5% responden memberikan respon dengan kaulifikasi “Sangat Positif”, sebanyak 2,5% responden memberikan respon dengan kualifikasi “Cukup Positif”, dan sebanyak 0% responden memberikan respon dengan kualifikasi “Positif”, “Kurang Positif”, dan “Sangat Kurang Positif”. Angka ini menunjukan bahwa video animasi 3 dimensi profil Ida Dewa Agung Istri Kanya Sang Srikandi Perang Kusamba dapat diterima dengan sangat baik oleh masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Klungkung. Penelitian ini dapat menjadi media informasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan selanjutnya dapat dikembangkan lebih maksimal pada bagian pergerakan dan suara karakter untuk menutupi kekurangan dalam penelitian ini serta dikembangkan menjadi bentuk produk multimedia lain, seperti Game.
References
Adriansyah, H. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran PPKn untuk Pengenalan Suku dan Budaya Indonesia (Studi Kasus: Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Buleleng) [Thesis]. Universitas Pendidikan Ganesha.
Aksono, L. D. (2020). Teknik Animasi 2D & 3D.
Anisa, A. R., Ipungkarti, A. A., & Saffanah, K. N. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. In Conference Series Journal (Vol. 01).
Ashari, F. (2018). Perancangan Video Company Profile Monumen Tugu Pahlawan Museum Sepuluh Nopember sebagai Media Promosi. Repositori Universitas Dinamika.
Badan Pusat Statistik. (2022). Statistik Sosial Budaya 2021. https://www.bps.go.id/publication/2022/06/30/6a2dabc16d 556ab9d075f918/statistik-sosial-budaya-2021.html
Dapoeranimasi. (2018). 12 Prinsip Animasi. Dapoeranimasi.Com.
Dwinanto, D. (2007). Perang Kusamba (5th ed.). Balai Pustaka.
Ekaputra, P. W. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Animasi 2 Dimensi Mata Pelajaran Agama Hindu mengenai Sad Ripu Studi Kasus Kelas VI (Enam) SD Negeri 1 Kalibukbuk) [Thesis]. Universitas Pendidikan Ganesha.
Pratama, A. C. R., Darmawiguna, I. G. M., & Subawa, I. G.
B. (2021). Pengembangan Film Animasi 3 Dimensi Peran Kapten Ida Bagus Putu Japa dalam Serangan Umum Kota Denpasar. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 10(3), 271.
https://doi.org/10.23887/karmapati.v10i3.37566
Riyanto, G. P. (2022, May 10). Riset: Setengah Pengguna Internet di Indonesia Andalkan Video untuk Belajar. Kompas.Com.
Sriasih, N. K. (2020). Pengembangan Film Animasi 3D Profil I Gusti Ketut Jelantik Sang Pahlawan Nasional [Thesis]. Universitas Pendidikan Ganesha.
Utami, N. K. S. (2021). Pengembangan Film Animasi 2D Ida Dewa Agung Istri Kanya “The Heroine Battle of Kusamba” [Thesis]. Universitas Pendidikan Ganesha.
Wirawan, A. A. B., Sidemen, I. B., Rama, I. B., & Sukiada,
I. N. (2002). Ida Dewa Agung Istri Kanya: Pejuang Wanita Rakawi Melawan Kolonialisme Belanda di Kerajaan Klungkung Abad ke 19. Pemerintah Kabupaten Klungkung.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
KARMAPATI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.