PENGEMBANGAN VIRTUAL TOUR BANGUNAN BERSEJARAH PADA PURI AGUNG NEGARA DJEMBRANA

Authors

  • Ni Made Ayu Purnami Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Bendesa Subawa
  • I Gede Partha Sindu

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v13i2.78143

Keywords:

Virtual Tour, Puri Agung Negara Djembana, Bangunan Bersejarah, dan MDLC

Abstract

Pengembangan Virtual Tour Bangunan Bersejarah pada Puri Agung Negara Djembrana merupakan media informasi dan promosi mengenai adanya bangunan bersejarah yang menjadi arsip destinasi wisata budaya yang dapat diakses oleh masyarakat Jembrana maupun masyarakat luas. Penggunaan media informasi yang berbasis digital pada Puri Agung Negara Djembrana masih kurang, hal ini yang menyebabkan banyak masyarakat tidak mengetahui keberadaan puri ini. Media informasi ini akan mengajak pengguna berkeliling melihat keadaan Puri Agung Negara Djembrana secara virtual. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Research and Development (R&D), dengan model penelitian pengembangan model Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang memiliki 6 tahapan dalam pengembangan, yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Hasil dari perhitungan uji ahli isi dan uji ahli media memperoleh koefisien validitas sebesar 1.00, dengan tingkat validitas “Sangat Tinggi” dan hasil uji respon penonton dengan 54 orang responden mendapatkan skor rata-rata 47,92 dengan “kualifikasi Sangat Positif”, sebanyak 96% responden memberikan respon dengan kaulifikasi sangat positif yang artinya responden memiliki pemahaman yang sangat baik terhadap Virtual Tour Bangunan Bersejarah pada Puri Agung Negara Djembrana. Penelitian ini dapat menjadi media informasi dan promosi yang bermanfaat bagi masyarakat dalam melestarikan sejarah bangsa. 

References

K. Wiweka, “Analisis Konsep Tri Hita Karana Pada Daya Tarik Warisan Budaya: Studi Kasus Puri Agung Karangasem, Bali,” J. Master Pariwisata, vol. 01, pp. 139–160, 2014, doi:

24843/jumpa.2014.v01.i01.p07.

M. Munawati and M. Idris, “SEBARAN RUMAH BATU DI DESA TEGUR WANGI KOTA PAGARALAM SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH,” Kalpataru J. Sej.

dan Pembelajaran Sej., vol. 4, no. 1, 2018, doi: 10.31851/kalpataru.v4i1.2444.

E. Z. Henry Februariyanti, “Rancang Bangun Sistem Perpustakaan untuk Jurnal Elektronik,” J. Teknol. Inf. Din., vol. 17, no. 2, 2012.

F. M. Boiliu, “Peran Pendidikan Agama Kristen Di Era Digital Sebagai Upaya Mengatasi Penggunaan Gadget Yang Berlebihan Pada Anak Dalam Keluarga Di Era Disrupsi 4.0,” REAL DIDACHE J. Christ.

Educ., vol. 1, no. 1, 2020, doi: 10.53547/realdidache.v1i1.73.

I. P. E. Arimbawa, D. M. O. Purnawati, and T. Maryati, “PURI AGUNG NEGARA JEMBRANA (SEJARAH, STRUKTUR DAN FUNGSI SERTA POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR

SEJARAH DI SMA),” Widya Winayata J. Pendidik. Sej., vol. 9, no. 1, 2021, doi: 10.23887/jjps.v9i1.30587.

I. G. B. Subawa, I. N. E. Mertayasa, and D. S. Wahyuni, “PENGEMBANGAN VIRTUAL TOUR PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA BERBASIS FOTOGRAFI 360

DERAJAT,” Kumpul. Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform., vol. 11, no. 3, 2022.

A. Fauzan, Z. Maisat Eka, Z. Fairozal Akbar, and K. Fathoni, “Pengembangan Aplikasi Virtual Tour sebagai Media Pengenalan Lingkungan Kampus PENS berbasis Website,” J. Teknol. Terpadu, vol. 7, no. 1, 2021, doi: 10.54914/jtt.v7i1.341.

A. Selama, M. Development, L. Cycle, and V. Tour,

“1,2 1* , 2,” vol. 1, no. 2, pp. 79–81, 2019.

P. Agung, N. Djembrana, J. Gatot, S. No, and N. Bali,

“Dr. anak agung gde agung b. sutedja.-,” no. 5, 2016.

A. B. Virtual Tour Daerah Konservasi Sumber Daya Alam di Sulawesi Utara Corneles Ulukyanan, B. S. Narasiang, and B. A. Sugiarso, “Virtual Tour of Natural Resources Conservation Area in North Sulawesi,” J. Tek. Inform., vol. 16, no. 2, p. 203, 2021.

Y. Anggara and G. M. Zamroni, “Virtual Reality Tour Menggunakan Metode Gambar Panorama 360° Sebagai Media Informasi dan Pengenalan Gedung Perkuliahan Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan,” JSTIE (Jurnal Sarj. Tek. Inform., vol. 9, no. 1, 2021, doi: 10.12928/jstie.v1i1.19045.

I. M. Yoga Antara, P. N. Crisnapati, I. M. Agus Wirawan, and I. M. Gede Sunarya, “Pengembangan Film Animasi 3 Dimensi ‘Tude the Movie – Petualangan Si Rina (Tertangkapnya Burung Jalak Bali),’” Kumpul. Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform., vol. 7, no. 3, p. 214, 2019, doi: 10.23887/karmapati.v7i3.19788.

G. W. Yasa, I. G. P. Sindu, and M. W. A. Kesiman, “Implementasi Modular Rigging Rigify Dalam Pengembangan Film Animasi 3D Tude Tge Series - Gotong Royong Membuat Kerajinan Tangan,” Kumpul. Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform., vol. 10, no. 2, p. 123, 2021, doi: 10.23887/karmapati.v10i2.31880.

A. Choiron, “Aplikasi Virtual Tour Dinamis Pada Universitas Dr. Soetomo Surabaya Berbasis Web,” J. Inf., vol. 2, no. 2, 2017, doi: 10.25139/ojsinf.v2i1.406.

S. Istita and H. Suroyo, “Pengembangan Aplikasi Virtual Tour (Wisata Virtual) Objek Wisata dengan Konten Image Kamera 360,” J. Adv. Inf. Ind. Technol., vol. 3, no. 2, pp. 45–52, 2021, doi: 10.52435/jaiit.v3i2.159.

Downloads

Published

2024-08-30

Issue

Section

Articles