Studi Komparatif Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualy Dan Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran TIK Kelas X SMA Negeri 1 Tampaksiring

Authors

  • Pd. Made Edi Suyasa .
  • Gede Saindra Santyadiputra, S.T., M.Cs .
  • Nyoman Sugihartini, S.Pd., M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v5i2.8118

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualy, model pembelajaran Group Investigation, dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran TIK kelas X SMA Negeri 1 Tampaksiring. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan Post Test Only Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas X3 sebagai kelompok eksperimen I, siswa kelas X2 sebagai kelompok eksperimen II, dan siswa kelas X4 sebagai kelas kontrol. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik Random Sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode tes pilihan ganda untuk mengukur ranah kognitif. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan Anava satu jalur dan uji lanjutan mengggunakan uji t-scheffe. Hasil analisis data menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan terhadap model pembelajaran Team Assisted Individualy dan model pembelajaran Group Investigation. Berdasarkan perhitungan dengan Anava satu jalur didapat Fhitung sebesar 19,90 dan Ftabel dengan taraf signifikansi 0,05 adalah 3,09 maka perbedaan antar kelompok signifikan. Kemudian dilanjutkan dengan uji t-scheffe dan mendapatkan hasil bahwa Ftabel lebih kecil dari Fhitung maka kedua kelompok signifikan dan model pembelajaran Team Assisted Individualy lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Group Investigation maupun model pembelajaran konvensional dilihat dari perolehan nilai rata-rata terbesar yaitu 85,73.
Kata Kunci : Team Assisted Individualy, Group Investigation, hasil belajar.

This research is aimed to know and analyze the effect of Teams Assisted Individually, Group Investigation, and conventional teaching and learning models toward students’ learning results in TIK lesson at the tenth grade of SMA Negeri 1 Tampaksiring. This research was quasi-experimental research by using Post Test Only Control Group Design. The samples of this research were the students of X3 as the first experimental group, the students of X2 as the second experimental group and the students of X4 as control group. The samples of this research consisted of 96 students which were chosen by using Random Sampling technique. The data was collected by using multiple choice test method to measure the cognitive site. The data was analyzed by using descriptive statistics and one-way Anava and intermediate test by using t-scheffe test. The result of data analysis showed that there was significant effect toward Team Assisted Individually and Group Investigation teaching and learning model. Based on the calculation of one-way Anova, the score of Fcount was 19,90 and Ftable with the significance 0,05 was 3,09 so the difference between the groups was significant. Then, it was continued by using t-scheffe test and obtained the result that Ftable < Fcount so the two groups were significant and Team Assisted Individually teaching and learning model is better than Group Investigation and conventional teaching and learning models. It was showed from the mean score which was 85,73.
keyword : Team Assisted Individualy, Group Investigation, learning result.

Published

2016-08-16

Issue

Section

Articles