Studi Komparatif Penggunaan Model Pembelajaran Think Pair Share Dan Teams Games Tournament Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar TIK Siswa Kelas VIII SMP N 1 Sawan Tahun Ajaran 2015/2016

Authors

  • Ni Putu Sri Dianti .
  • Dr. Ketut Agustini, S.Si, M.Si. .
  • Nyoman Sugihartini, S.Pd., M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v5i2.8214

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS), Teams Games tournament (TGT) dan Konvensional, (2) motivasi siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS), Teams Games tournament (TGT) dan Konvensional, dan (3) respon siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS), Teams Games tournament (TGT) dan Konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu (quasi) dengan rancangan “Post Test Only With Non Equivalent Control Group Design”. Penelititian ini dilakukan di SMP N 1 Sawan Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP N 1 Sawan yang terdiri dari 10 kelas (333 orang) dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII E (35 orang) sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional, kelas VIII I (33 orang) sebagai kelas Eksperimen 1 yang menggunakan model pembelajaran model pembelajaran TPS dan kelas VIII J (33 orang) yang menggunakan model pembelajaran TGT, jadi sampel sampel penelitian ini terdiri dari 3 kelas (101 orang). Terdapat dua jenis variabel dalam penelitian ini yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini ada 3 yaitu model pembelajaran TPS, TGT dan Konvensional, sedangkan untuk variabel terikat ada 1 yaitu hasil belajar Hasil uji prasyarat dalam penelitian ini yaitu (1) hasil dari uji normalitas menggunakan rumus Chi-Squere dari ketiga kelas sampel memiliki data yang berdistribusi normal dan (2) uji Homogenitas menggunakan Uji F ketiga data tersebut memiliki varian data yang homogen. Setelah melakukan uji prasyarat maka dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan Rumus ANOVA satu jalur lalu dilanjutkan dengan uji pasangan menggunakan rumus T-Scheffe. Dari hasil uji hipotesis maka diperoleh hasil (1) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran TPS, TGT dan Konvensional, (2) nilai rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen 1 yang menggunakan model pembelajaran TPS lebih tinggi dari kelompok eksperimen 2 yang menggunakan model pembelajaran TGT dan kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan (3) siswa yang menggunakan model pembelajaran TPS, TGT dan Konvensional memiliki motivasi kategori tinggi.
Kata Kunci : Studi Komparatif, model pembelajaran Think Pair Share, model pembelajaran Teams Games Tournament, Hasil dan Motivasi Belajar

This study aims to determine (1) differences in learning outcomes of students who use the learning model Think Pair Share (TPS), Teams Games Tournament (TGT) and Conventional, (2) the motivation of students who use the learning model Think Pair Share (TPS), Teams Games tournament (TGT) and Conventional, and (3) the response of students who use the learning model Think Pair Share (TPS), Teams Games tournament (TGT) and Conventional. This research is a quasi-experimental research (quasi) with the draft "Post Test Only With Non-Equivalent Control Group Design". Penelititian was done in SMP N 1 Sawan School Year 2015/2016. The population in this study were all students of class VIII SMP N 1 Sawan which consists of 10 classes (333 people) and sample in this research is class VIII E (35) as the control class that uses conventional learning models, a class VIII I (33 person) as a class Experiment 1 were using model learning model TPS and class VIII J (33 people) who use the TGT learning model, so the samples, this study consisted of three classes (101 people). There are two types of variables in this study is the independent variable and the dependent variable. The independent variables in this study there are three, namely learning model TPS, TGT and Conventional, while the dependent variable No 1 is the result of learning Prerequisite test results in this study are (1) the results of the test for normality using Chi-Squere formula of the third class of the samples had normal distributed data and (2) Homogeneity test using F test three variants such data have homogeneous data. After doing the prerequisite test then continued to test the hypothesis using ANOVA formula one track and then proceed to test the pair using the formula T-Scheffe. From the results of hypothesis testing results are obtained (1) there is a significant difference between the results of student learning using learning model TPS, TGT and Conventional, (2) the average value of learning outcomes of experimental group 1 were using the learning model TPS higher than the experimental group 2, which uses TGT learning model and the control group using conventional learning models, and (3) students who use the TPS learning model, TGT and conventional motivation high category.
keyword : Comparative Study, learning model Think Pair Share, learning model Teams Games Tournament Results and Motivation

Published

2016-08-16

Issue

Section

Articles