PENGEMBANGAN FILM ANIMASI 3 DIMENSI PENGENALAN TRADISI NYEPI DESA ADAT DI DESA ADAT BANYUNING
DOI:
https://doi.org/10.23887/karmapati.v13i2.82933Keywords:
Film, Animasi 3 Dimensi, Tradisi Nyepi Desa Adat, BanyuningAbstract
Film animasi 3 dimensi Pengenalan Tradisi Nyepi Desa Adat di Desa Adat Banyuning menceritakan tentang perayaan hari raya Nyepi Adat di Desa Adat Banyuning yang judul “Harmoni dalam Hening”. Nyepi dilaksanakan 1 hari pada Tilem Sasih Kalima sesuai dengan kalender Bali. Nyepi Desa Adat Banyuning dilaksanakan sebagai upaya dalam melestarikan dan memelihara lingkungan sebagai bentuk kepercayan masyarakat setempat untuk menghindari serangan wabah penyakit.
Penelitian pengembangan ini bertujuan yakni 1) menghasilkan produk pengembangan film animasi 3 dimensi dan 2) mendeskripsikan respon penonton terhadap film animasi 3 dimensi Pengenalan Tradisi Nyepi Desa Adat di Desa Adat Banyuning. Pengembangan film ini memanfaatkan model penelitian MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Dengan tahap konsep (Concept) dengan membuat perumusan konsep film dilanjutkan tahap desain (Design) merancang ide cerita, storyboard dan karakter. Pengumpulan bahan (Material Collecting) adalah pengumpulan materi konten, tahap perancangan (Assembly) adalah penggabungan semua elemen yang ada. Tahap pengujian (Testing) dan tahap distribusi (Distribution) tahap akhir dengan menyebarluaskan film kepada audiens.
Pengembangan ini melalui 3 tahap yaitu; 1) Pra Produksi (ide cerita, naskah, perancangan karakter dan latar belakang, pembuatan storyboard), 2) Produksi (modelling, texturing, rigging, skinning, animation, lighting, dan rendering), 3) Pasca Produksi (perekaman dan proses penggabungan). Dilanjutkan pengujian ahli isi dengan hasil 100%, uji ahli media dengan hasil presentase 100% dan uji respon pengguna dengan sasaran masyarakat desa Banyuning dengan rentang usia 18-50 tahun yang mendapatkan presentase 84% dengan kualifikasi sangat baik dan diterima sangat baik oleh responden.
References
P. Merta and K. Kanca Wijaya, “Nyepi Lokal Dalam Pengejawantahan Pelestarian Alam di Desa Lokasari Kecamatan Sidemen Kabupaten Karangasem,” Metta J. Ilmu Multidisiplin, vol. 2, no. 2, pp. 49–66, 2022, doi: 10.37329/metta.v2i2.1844.
N. Made and W. Lestari, “Integrasi Nilai-Nilai Tradisi Nyepi dalam Pembelajaran IPS,” vol. 3, pp. 3708–3715, 2023.
P. Pertama Yasa, K. Sidang Partayasa, and N. Linggih, “Tradisi ‘Nyakan Diwang’ Untuk Mempererat Tali Persaudaraan,” Inst. Hindu Dharma Negeri Denpasar Bali, Indones., pp. 165–169, 2019.
P. Nur Bintari and C. Darmawan, “Peran Pemuda Sebagai Penerus Tradisi Sambatan Dalam Rangka Pembentukan Karakter Gotong Royong,” J. Pendidik. Ilmu Sos., vol. 25, no. 1, p. 57, 2016, doi: 10.17509/jpis.v25i1.3670.
T. Zebua, B. Nadeak, and S. B. Sinaga, “Pengenalan Dasar Aplikasi Blender 3D dalam Pembuatan Animasi 3D,” J. ABDIMAS Budi Darma, vol. 1, no. 1, pp. 18–21, 2020.
N. K. Sri Ekawati, N. P. P. Uma Lestari, and I. G. A. Saputra, “Penguatan Pendidikan Agama Hindu Pada Upacara Ngusaba Desa Di Desa Kutuh, Kabupaten Badung,” Metta J. Ilmu Multidisiplin, vol. 3, no. 2, pp. 245–256, 2023, doi: 10.37329/metta.v3i2.1768.
Radarbali.id, “Nyepi, Tak Sekadar Perayaan Tahun Baru Caka: Di Desa Adat Banyuning Punya Nyepi Adat,” 2023. https://radarbali.jawapos.com/cover-story/70867171/nyepi-tak-sekadar-perayaan-tahun-baru-caka-di-desa-adat-banyuning-punya-nyepi-adat
K. Sumanasa, Pranata Desa Adat Monasphatika. Desa Adat Banyuning, 1992.
I. G. P. S. Made Ardi Sudipta, Dewa Gede Hendra Divayana, “Pengembangan Film Animasi 3 Dimensi Sejarah Tradisi Megebeg-Gebegan Di Desa Tukadmungga,” Kumpul. Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform., vol. 12, no. Vol 12, No 2 (2023), pp. 193–203, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/KP/article/view/29357/16995
I. M. R. Arta Jaya, I. G. M. Darmawiguna, and M. W. A. Kesiman, “Pengembangan Film Animasi 2 Dimensi ‘ Sejarah Perang Jagaraga ,’” Kumpul. Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform., vol. 9, no. 3, pp. 222–231, 2020.
Z. G. Djalle, The Making of 3D Animation Movie. Bandung: Penerbit Informatika, 2007.
N. J. P. Koloay, S. T. G. Kaunang, and B. Sugiarso, “Rancang Bangun Aplikasi Game Japan’s Den In Kawangkoan,” 2023, [Online]. Available: http://repo.unsrat.ac.id/id/eprint/4374%0Ahttp://repo.unsrat.ac.id/4374/1/Noviano Koloay.pdf
Julyanto and S. Tjahyadi, “Perancangan dan Implementasi Video Profil SMK Al-Azhar Batam,” Natl. Conf. Community …, vol. 5, no. September, pp. 305–311, 2023, [Online]. Available: https://journal.uib.ac.id/index.php/nacospro/article/view/8201%0Ahttps://journal.uib.ac.id/index.php/nacospro/article/download/8201/3462
V. Nomor, R. Gora, S. Maryam, and M. F. Christianti, “Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat Pelatihan Mendesain Storyboard untuk Produksi Iklan Visual pada Yayasan Rumah Gemilang Indonesia , Depok Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat,” vol. 1, pp. 278–285, 2022.
C. O. Sumarli and A. Kurnianto, “Developing Karakter Animasi Berbasis Kudapan Khas Tionghoa,” J. Desain, vol. 5, no. 03, p. 162, 2018, doi: 10.30998/jurnaldesain.v5i03.2170.
H. Al Habsyih, “Pengembangan Media Pembelajaran Animasi 3 Dimensi Untuk Peningkatan Keterampilan Sholat di SDN Pesanggrahan 01 Kota batu,” J. Pendidik. Taman Widya Hum., vol. 2, no. 4, pp. 2106–2129, 2023, [Online]. Available: https://jurnal.widyahumaniora.org/index.php/jptwh/article/view/204
P. E. A. Purnomo, I. G. P. Sindu, and ..., “Pengembangan Film Animasi 3 Dimensi Pengenalan Tradisi Mengarak Sokok Di Desa Pegayaman,” … Artik. Mhs. …, vol. 13, pp. 9–20, 2024, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/KP/article/view/71144%0Ahttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/KP/article/download/71144/28420
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
KARMAPATI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.