PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY (AR) PADA PENGENALAN KOMPONEN CPU KOMPUTER UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/karmapati.v13i2.82937Keywords:
Media pembelajaran, Augmented reality, Komponen CPU Komputer, R&DAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan media pembelajaran interaktif menggunakan AR (Augmented Reality) di SMP Negeri 4 Singaraja, 2) Mengetahui dan mendeskripsikan respon siswa terkait kelayakan aplikasi media pembelajaran interaktif dengan AR di SMP Negeri 4 Singaraja. Penelitian ini menggunakan metode R&D (research and development). Teknik analisis yang digunakan meliputi data ahli isi, ahli media, uji coba kelayakan, dan respon siswa serta guru di SMP Negeri 4 Singaraja. Instrumen pengambilan data adalah kuesioner untuk ahli isi, ahli media, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Uji validasi ahli isi memperoleh skor 1,00 dengan kualifikasi sangat layak, 2) Uji validasi ahli media memperoleh skor 1,00 dengan kualifikasi sangat layak, 3) Uji coba perorangan dengan 2 siswa memperoleh kualifikasi sangat baik, 4) Uji coba kelompok kecil dengan 6 siswa memperoleh kualifikasi sangat baik, 5) Uji coba kelompok besar dengan 23 siswa memperoleh kualifikasi sangat baik. Uji responden menunjukkan: 1) Respon siswa sebanyak 31 orang memperoleh hasil sangat positif, 2) Respon guru Informatika juga sangat positif. Berdasarkan hasil penelitian, media AR dalam pengenalan komponen CPU komputer dianggap layak digunakan dalam pembelajaran Informatika kelas VII di SMP Negeri 4 Singaraja.
References
R. S. A.-N. Yunus, F. Djafar, and W. Pratiwi, “Pengaruh Fasilitas Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa,” EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL), vol. 2, no. 2, pp. 123–138, Dec. 2021, doi: 10.58176/edu.v2i2.153.
A. Rara Veronica, S. N. Ayu Puspita, P. Guru Madrasah Ibtidaiyah, S. Muhammadiyah Bojonegoro, and P. Islam Anak Usia Dini, “Jurnal Cakrawala : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Penguasaan TPACK & Kemampuan Abad 21 Bagi Guru Sekolah Dasar dalam Perspektif Kurikulum Merdeka,” 2022.
I. Elok Youarti and N. Hidayah, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH AUGMENTED REALITY MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN,” UNNES, Semarang, 2018.
I. Mahartika, Iwan, Suttrisno, A. Dwinanto, N. M. Yulia, and Andryanto, FullBookMediaPembelajaranBerbasisAugmentedReality, vol. I. Yayasan Kita Menulis, 2023.
I. Israwaty, Muslimin, and Nurlina, “Penerapan Model Pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” NSJ: Nubin Smart Journal, vol. 2, no. 3, p. 122, 2022, [Online]. Available: https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj
V. T. Hulu, Rita Evimalinda, Faldin Adrianus Bunga, and Sulastri Saleleubaja, “Membuka Imajinasi: Dampak Interaktivitas Multimedia terhadap Pemikiran Kreatif Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen,” Jurnal Ilmiah Multidisiplin, vol. 1, no. 2, pp. 184–198, Mar. 2024, doi: 10.62282/juilmu.v1i2.184-198.
N. Audie, “PERAN MEDIA PEMBELAJARAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK,” vol. 2, no. 1, pp. 586–595, 2019.
W. Dick, L. Carey, and J. O. Carey, “The Systematic Design of Instruction,” Educational Technology Research and Development, vol. 54, no. 4, pp. 417–420, Aug. 2004, doi: 10.1007/s11423-006-9606-0.
C. N. Nurdiansyah and H. Maulana, “IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY (AR) DENGAN METODE MARKER DAN MARKERLESS PADA OBJEK DAN BENDA BERSEJARAH DI MUSEUM GEDUNG SATE,” 2017.
B. Herdianto Situmorang, A. Maesya Program Studi Ilmu Komputer, and F. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, “Memahami Hardware Komputer Melalui Buku Pintar Digital Berbasis Multimedia,” 2018.
K. Pendidikan, D. Teknologi Badan Penelitian, D. Pengembangan, D. Perbukuan, and P. Kurikulum, INFORMATIKA Maresha Caroline Wijanto, dkk. SMP Kelas VII.
R. T. Azuma, “A Survey of Augmented Reality,” 1997. [Online]. Available: http://www.cs.unc.edu/~azumaW:
C. Maia, L. Nogueira, and L. Miguel Pinho, “Evaluating Android OS for Embedded Real-Time Systems,” 2010.
M. Harits Abdillah and S. Hendri Wibowo, “PENERAPAN ALGORITMA SQUENTIAL SEARCH WITH SENTINEL PADA APLIKASI KATALOG BUKU PERPUSTAKAAN,” 2021.
I. Bagus and M. Mahendra, “IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY (AR) MENGGUNAKAN UNITY 3D DAN VUPORIA SDK,” 2016.
A. R. Yudiantika, E. S. Pasinggi, I. P. Sari, and B. S. Hantono, “IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY DI MUSEUM: STUDI AWAL PERANCANGAN APLIKASI EDUKASI UNTUK PENGUNJUNG MUSEUM,” 2013.
J. C. Tu, X. Zhang, and X. Y. Zhang, “Basic courses of design major based on the addie model: Shed light on response to social trends and needs,” Sustainability (Switzerland), vol. 13, no. 8, Apr. 2021, doi: 10.3390/su13084414.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
KARMAPATI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.