PENGEMBANGAN FILM ANIMASI 3 DIMENSI TENTANG KESETARAAN GENDER SEBAGAI MEDIA KONSELING UNTUK SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
DOI:
https://doi.org/10.23887/karmapati.v13i2.82954Keywords:
Film, Animas 3 Dimensi, Kesetaraan GenderAbstract
Film Animasi 3 Dimensi Kesetaraan Gender Sebagai Media Konseling Siswa di Sekolah Menengah Pertama merupakan film yang memuat tentang informasi dan pentingnya memahami tentang Kesetaraan Gender sejak dini. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengembangkan Film Animasi 3D Kesetaraan Gender Untuk Media Konseling Siswa di Sekolah Menengah Pertama, 2) Untuk mendeskripsikan bagaimana respon pengguna terhadap Film Animasi 3D Kesetaraan Gender Untuk Media Konseling Siswa di Sekolah Menengah Pertama.Film Animasi 3D Kesetaraan Gender Untuk Media Konseling Siswa di Sekolah Menengah Pertama dikembangkan menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Tahapan terdiri dari Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yaitu Concept (pengonsepan), Design (perancangan), Material Collecting (pengumpulan bahan), Assembly (pembuatan), Testing (pengujian), dan Distribution (pendistribusian). Dengan dibuatnya Film Animasi 3D Kesetaraan Gender Untuk Media Konseling Siswa di Sekolah Menengah Pertama diharapkan dapat memberikan informasi tentang Kesetaraan Gender. Pengujian telah dilakukan oleh pengujian uji ahli isi yang mendapat hasil persentase 100%, pengujian uji ahli media mendapatkan hasil persentase 100%, dan pengujian respon pengguna yang dilakukan kepada 40 sampel responden siswa di SMP Neger 6 Singaraja dengan persentase sebesar 60% siswa merespon dengan Baik yang dikualifikasikan dengan Positif dan sebesar 40% lainnya merespon dengan Sangat Baik yang dikualifikasikan dengan Sangat Positif. Berdasarkan hal tersebut pengembangan film animasi ini diterima sangat baik oleh responden.
References
Dukcapil. (2022). Dukcapil Kemendagri rilis data penduduk semester 1 tahun 2022, naik 0,54% dalam waktu 6 bulan. In Direktorat Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri..
Hsb, M. O. (2021). Ham Dan Kebebasan Berpendapat Dalam Uud 1945. AL WASATH Jurnal Ilmu Hukum, 2(1), 29–40. https://doi.org/10.47776/ALWASATH.V2I1.135
Nazmi, L., & Jamal, A. (2018). Pengaruh Ketimpangan Gender Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM), 3(4).
Arifin, S. (2018). Kesetaraan Gender Dan Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia. Kajian, 23(1).
Yuslin, H. (2021). Pembuktian Strategi Pengarusutamaan Gender (PuG): Analisis Capaian Indeks Pemberdayaan Gender di Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Statistik Indonesia, 1(3). https://doi.org/10.11594/jesi.01.03.04
Subagiarta, W., Gede, I., Sindu, P., Gede, D., & Divayana, H. (2022). SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA PADA KELAS VIII DI SMP. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 11.
Eriya, E., & R.Putri, Y. D. (2018). 2D & 3D Modelling Monumen Bersejarah Yogyakarta sebagai Media Edukasi Interaktif berbasis Virtual Reality. MULTINETICS, 4(1). https://doi.org/10.32722/vol4.no1.2018.pp1-7
Dewanta, A. A. N. B. J. (2020). Analisis Semiotika Dalam Film Dua Garis Biru Karya Gina S. Noer. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia,9(1).https://doi.org/10.23887/jppbi.v9i1.3123
Damayanti, S. E. (2020). ANIMASI 2D & 3D (C3) KELAS XI. www.quantumbook.id
Nadya, & Sari, Y. P. (2019). Analisis Visual Penerapan 12 Prinsip Animasi Dalam Film Grey & Jingga : the Twilight Animated Series Episode 1. Jurnal Titik Imaji, 2(2).
Suharjuddin. (2020). KESETARAAN GENDER DAN STRATEGI PENGARUSUTAMAANNYA (Novrian (ed.); Pertama, 2020). CV. Pena Persada.
Ismail, Z., Lestari, M. P., Rahayu, P., & Eleanora, F. N. (2020). Kesetaraan Gender Ditinjau Dari Sudut Pandang Normatif Dan Sosiologis. SASI, 26(2). https://doi.org/10.47268/sasi.v26i2.224
Tantri Widyasari, & Lilik Mukayati. (2021). PEMANFAATAN MEDIA BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS TEKNOLOGI DI SEKOLAH. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(2). https://doi.org/10.51339/isyrof.v3i2.385
Anita, Martin, & Hastiani. (2022). Percaya diri dalam belajar Sekolah Menengah Pertama. JURNAL SPIRITS, 11(2), 147–157. https://doi.org/10.30738/spirits.v11i2.12673
Hartati, T., & Panggabean, E. M. (2023). Karakteristik Teori-teori Pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan
Hidayat, H. N., & Wasana, W. (2019). Gender Bias As Reflected On Upin & Ipin The Series. JENTERA: Jurnal Kajian Sastra, 8(2), 113. https://doi.org/10.26499/jentera.v8i2.1642
Handayani, S. (2020). Keefektifan Media Film Animasi Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Matematika Anak Usia Dini Berdasarkan Gender. UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2020.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
KARMAPATI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.