Studi Komparatif Penggunaan Model Pembelajaran Make A Match dan Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di SMP Negeri 1 Sawan Tahun Pelajaran 2015/2016

Gede Taruna Saputra ., Dr. Dewa Gede Hendra Divayana, S.Kom., M ., Nyoman Sugihartini, S.Pd., M.Pd. .

Abstract


Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh model pembelajaran Make A Match dan model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran TIK kelas VIII SMP Negeri 1 Sawan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan Post Test Only With Not Equivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas VIII F sebagai kelompok eksperimen I, siswa kelas VIII G sebagai kelompok eksperimen II, dan siswa kelas VIII H sebagai kelas kontrol. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes pilihan ganda untuk mengukur ranah kognitif dan praktek untuk mengukur ranah psikomotor. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan ANAVA satu jalur dan uji lanjutan mengggunakan uji T Scheffe.
Hasil analisis data menunjukkan ada pengaruh yang signifikan terhadap model pembelajaran Make A Match dan model pembelajaran Teams Games Tournament. Berdasarkan perhitungan dengan ANAVA satu jalur didapat Fhitung sebesar 28,78 dan Ftabel dengan taraf signifikansi 0,05 adalah 3,99 maka (Fhitung > Ftabel) sehingga perbedaan antar kelompok signifikan. Kemudian dilanjutkan dengan uji T Scheffe dan mendapatkan hasil bahwa Ftabel < Fhitung maka kedua kelompok signifikan dan model pembelajaran Make A Match lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Teams Games Tournament dilihat dari perolehan nilai rata-rata terbesar yaitu 42,15. Minat siswa dalam penerapan model pembelajaran Make A Match sebanyak 88% merespon sangat tinggi dan sebanyak 12% merespon tinggi sedangkan respon siswa dalam penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament sebanyak 62% merespon sangat tinggi , 38% merespon tinggi dan 3% merespon sedang. Respon siswa dalam penerapan model pembelajaran Make A Match sebanyak 62% merespon sangat positif dan sebanyak 38% merespon positif sedangkan respon siswa dalam penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament sebanyak 58% merespon sangat positif dan 42% merespon positif.
Kata Kunci : Kata-kata kunci: Make A Match, Teams Games Tournament, minat belajar, hasil belajar.

Abstract - This research is aimed to know and analyze the effect of Make A Match learning models and Teams Games Tournament model toward the students learning outcomes in TIK lesson VIII grade students of SMP Negeri 1 Sawan.
Type of this research is quasi experimental with planned Post Test Only with Not Equivalent Control Group Design. The sample of this research is VIII F grade students as group 1 of experiment with a sample of 34 students, and VIII G grade students as II groups of experiment with a sample of 33 students, another one VIII H grade students as control classes with a sample of 34 students. The sample in this study were selected using random sampling techniques. The data collection is done by using multiple-choice tests to measure the cognitive and psychomotor. The data analyzed by using descriptive statistic and ANAVA, and continue with T- Schefee method.
The results of data analysis showed there is no significant effect on the learning models that using Make a Match and Teams Games Tournament model. Based on the calculation by using ANAVA, the researcher can got Fcount as big as 28,78 dan Ftable with the significance 0,05 is 3,99 so, (Fcount> Ftable) with the result that the difference between group significance. And then continue with T- Scheffee test and the researcher got score that, Ftable < Fcount then two groups was significance and the model Make A Match is very interesting from Teams Games Tournament model, can be seen the average of the total value is 42,15. student’s interest in Make A Match learning model consider about 88% the response is very high, as much as 12% whereas the student’s response in Teams Games Tournament learning model approximately 62%, 38% the response is high dan 3% the response is average. The respond of students in Make A Match models approximately about 62% and the response is positive and as many as 38% the response of the student’s is very positive. Meanwhile for the Teams Games Tournament model, 58% the student’s response is positive and 42% the response is positive.
keyword : Key words: Make A Match, Teams Games Tournament, interest in learning, learning outcomes

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/karmapati.v5i3.8732

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



KARMAPATI is published by:

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22570
Homepage: http://www.undiksha.ac.id


Indexed by:

 

Creative Commons License

KARMAPATI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.