Pengembangan E-Modul Berbantuan Simulasi Berorientasi Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Komunikasi Data (Studi Kasus : Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Singaraja)

Authors

  • Kadek Aris Priyanthi .
  • Dr. Ketut Agustini, S.Si, M.Si. .
  • Gede Saindra Santyadiputra, S.T., M.Cs .

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v6i1.9267

Abstract

Sampai saat ini bahan ajar dari sumber referensi yang dikemas menjadi satu khususnya pada mata pelajaran Komunikasi Data kelas XI TKJ di SMK Negeri 3 Singaraja belum lengkap. Siswa mengharapkan suatu wadah untuk mengakses materi pembelajaran dimana sudah terangkum keseluruhan materi yang harus mereka pelajari. Faktor ini dikarenakan mata pelajaran Komunikasi Data merupakan mata pelajaran baru untuk Kurikulum 2013. Maka dari itu, pada penelitian ini dikembangkan modul elektronik (e-modul) komunikasi data sebagai solusi untuk permasalahan tersebut.Tujuan penelitian ini (1) Untuk menghasilkan rancangan dan mengimplementasikan hasil rancangan pengembangan e-modul berbantuan simulasi berorientasi pemecahan masalah pada mata pelajaran Komunikasi Data kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 3 Singaraja, (2) Untuk mengetahui respon guru dan siswa terhadap pengembangan e-modul berbantuan simulasi berorientasi pemecahan masalah pada mata pelajaran Komunikasi Data kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 3 Singaraja. Model pembelajaran yang diterapkan dalam pengembangan modul elektronik ini adalah model pembelajaran problem based learning. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan Dick and Carey. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 3 Singaraja tahun ajaran 2016/2017. Untuk mengetahui respon guru dan siswa terhadap e-modul komunikasi data diperoleh dengan menggunakan metode angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil rancangan dan implementasi e-modul berbantuan berbantuan simulasi berorientasi pemecahan masalah yang telah dikembangkan pada mata pelajaran Komunikasi Data kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 3 Singaraja dinyatakan berhasil diterapkan berdasarkan beberapa uji yang dilakukan. (2) Hasil analisis data respon guru menunjukkan bahwa, didapatkan rata-rata skor respon sebesar 47, jika dikonversikan ke dalam tabel penggolongan respon maka termasuk pada kategori sangat positif. Sedangkan untuk respon siswa terhadap pengembangan e-modul didapatkan rata-rata skor respon sebesar 67,80, jika dikonversikan ke dalam tabel penggolongan respon siswa termasuk pada kategori sangat positif.
Kata Kunci : E-Modul, Komunikasi Data, Problem Based Learning, Research and Development, Respon.

Until now teaching materials from the reference source are packed into one, especially on the subjects of Data Communication in class XI TKJ SMK Negeri 3 Singaraja incomplete. Students expect a container to access learning materials which had summarized the entire material to be learned. This factor because subjects Data Communication is a new subject for Curriculum 2013. Therefore, in this study developed an electronics module (e-module) data communications as a solution to these problems. The aims of this research were (1) to generate the design and implement the programs result of developing e-module assisted on the problem solving on the subject Data Communication in XI grade students in Teknik Komputer and Jaringan at SMK Negeri 3 Singaraja, (2) to know teacher and students respond about the developing of e-module assisted on the problem solving on the subject Data Communication in XI grade students in Teknik Komputer and Jaringan at SMK Negeri 3 Singaraja. The teaching method that is used in developing the electronic e-module was problem based learning. The type of the research that used was Research and Development in which the development applied was Dick and Carey. The subject in this research was XI grade students in Teknik Komputer and Jaringan at SMK Negeri 3 Singaraja in academic year of 2016/2017. To know the teacher and students respond about the communication of e-module was by using questionnaire. The results of this research were: (1) The result of the program and the implementation of e-module assisted on the problem solving which is applied on the subject Data Communication in XI class of Teknik Komputer and Jaringan at SMK Negeri 3 Singaraja was successfully applied. (2) The result of analysis data of the teacher respond shown that, the average was 47, if it converted into a table is categorized as very positive. Meanwhile the average of students respond about the development of e-module was 67,80, if it converted into a table of students respond was categorized as very positive.
keyword : E-Module, Data Communication, Problem Based Learning, Research and Development, Response

Published

2017-02-09

Issue

Section

Articles