Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Studi Kasus: Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 3 Singaraja)

Authors

  • Dewa Ayu Andita Sari Garjita .
  • I Ketut Resika Arthana, S.T., M.Kom .
  • I Gede Partha Sindu, S.Pd., M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v6i1.9268

Abstract

Abstrak—Tujuan penelitian ini (1) Untuk mengimplementasikan hasil Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Studi Kasus: Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 3 Singaraja), (2) Untuk mengetahui respon siswa terhadap Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Studi Kasus: Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 3 Singaraja). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 3 Singaraja tahun ajaran 2016/2017. Untuk mengetahui respon siswa terhadap e-modul yang dikembangkan, diperoleh dengan menggunakan metode kuisioner dengan alat pengumpulan data berupa angket. Hasil penelitian yang diperoleh terlihat bahwa (1) Hasil implementasi pengembangan e-modul pada mata pelajaran sistem operasi dengan model pembelajaran problem based learning (studi kasus: siswa kelas X TKJ SMK Negeri 3 Singaraja) dinyatakan berhasil diterapkan berdasarkan beberapa uji yang dilakukan. (2) Hasil analisis data respon siswa terhadap pengembangan e-modul didapatkan rata-rata skor respon sebesar 68,44, jika dikonversikan ke dalam tabel penggolongan respon siswa termasuk pada kategori sangat positif.
Kata Kunci : Kata-kata kunci: ADDIE, E-Modul, R&D, Respon, Sistem Operasi.

Abstract—The purposes of this study were (1) to implement the results of E-Module Development in Operating System Subject with Problem Based Learning Model (Study Case: Grade X of TKJ at SMK Negeri 3 Singaraja), (2) to determine the student’s response of E-Modules Development in Operating System Subject with Problem Based Learning Model (Study case: Grade X of TKJ at SMK Negeri 3 Singaraja). The type of this study was using Research and Development (R&D) with applied the method ADDIE model. The target of this study is the students in Computer and Network Engineering Grade X at SMK Negeri 3 Singaraja on 2016/2017. The response of the students toward the e-modul development, was obtained by using questionnaire method. Implementation result of E-Modules Development in Operating System Subject with Problem Based Learning Model (Study case: Grade X of TKJ at SMK Negeri 3 Singaraja has proven effective to be applied through some tests. The results of data analysis students' response to the development of e-modules obtained an average score of 68.44 response, if converted into a classification table student responses included in the category of very positive.
keyword : Keywords : ADDIE, e-modul, Research and Development, , response, operating system

Published

2017-02-09

Issue

Section

Articles