Hubungan Kebiasaan Belajar Dan Motivasi Berprestasi Dengan Prestasi Belajar PKn

Main Article Content

I.M.E Gunawan
I.N. Murda
I.G. Margunayasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara
kebiasaan belajar dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar PKn siswa
kelas V SD Gugus I Kecamatan Pupuan Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis
penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan analisis regresi sederhana
dan regresi ganda. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD
Gugus I Kecamatan Pupuan yang berjumlah 118 siswa dengan jumlah sampel
91 siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan kuesioner kebiasaan belajar,
kuisioner motivasi berprestasi dan pencatatan dokumen untuk data prestasi
belajar PKn. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat hubungan yang
positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar PKn,
dengan koefisien korelasi sebesar 0,671; 2) terdapat hubungan yang postif dan
signifikan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar PKn, dengan koefisien
korelasi sebesar 0,660; dan 3) secara bersama-sama terdapat hubungan yang
positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dan motivasi berprestasi dengan
prestasi belajar PKn, dengan koefisien korelasi sebesar 0,658. Berdasarkan
hasil penelitian, disimpulkan bahwa kebiasaan belajar dan motivasi
berprestasi berhubungan dengan prestasi belajar PKn siswa.

Article Details

Section
Articles