PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE BERBASIS TRI KAYA PARISUDHA TERHADAP SIKAP SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS V

Main Article Content

Ni Wayan Tutik Santika Dewi
I Made Citra Wibawa
I Gusti Ayu Tri Agustina

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
value clarification technique berbasis tri kaya parisudha terhadap sikap
sosial siswa pada mata pelajaran PKn siswa kelas V SD Gugus VI Kecamatan
Tegalalang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan
non-equivalent post test only group design. Populasi dari penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas V SD Gugus VI Kecamatan Tegalalang tahun pelajaran
2018/2019 yang berjumlah 111 siswa. Sampel penelitian ini yaitu Kelas V
SDN 2 Tegalalang yang berjumlah 28 siswa dan SDN 3 Keliki yang berjumlah
31 orang. Data sikap sosial mata pelajaran PKn dikumpulkan dengan
instrumen berupa kuesioner. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan
menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistic inferensial
yaitu (uji-t). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh = 13,376 dan t tabel
= 2,002 (pada taraf signifikansi 5%). Hal ini berarti bahwa t hitung > t tabel
sehingga dapat diinterpretasikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbasis Tri Kaya
Parisudha terhadap Sikap Sosial pada mata pelajaran PKn siswa kelas V
Gugus VI Kecamatan Tegalalang.

Article Details

Section
Articles