PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING BERBANTUAN MEDIA FLIPCHART TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA KELAS V

Main Article Content

Rafflesines Yuanisa Romaliyana
Made Putra
I Wayan Sujana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
circuit learning berbantuan media flipchart terhadap kompetensi
pengetahuan IPS siswa kelas V SDN Gugus I Kecamatan Kuta tahun ajaran
2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan
rancangan nonequivalent Post Test Only control group design. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus I Kecamatan
Kuta yang berjumlah 343 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan cara
random sampling dan diperoleh kelas V SD No. 3 Kuta sebagai kelompok
eksperimen dan kelas Va SD No. 4 Kuta sebagai kelompok
kontrol.Pembelajaran di kelas eksperimen dan kontrol sama-sama diberikan
sebanyak 6 kali dan diberikan post test untuk mengetahui kompetensi
pengetahuan IPS. Metode dalam pengumpulan data yaitu metode tes, dan instrument berupa tes
objektif pilihan ganda biasa. Data yang dikumpulkan adalah data kompetensi pengetahuan IPS dan
dianalisis menggunakan uji t. Hasil analisis diperoleh thitung = 3,278 dan ttabel dengan n1+n2 -2 = 62
dengan taraf signifikansi 5% = 2,000 karena thitung>ttabel berarti H0 ditolak. Nilai rata-rata kompetensi
pengetahuan IPS pada kelompok eksperimen yaitu 80,34 dan rata-rata kompetensi pengetahuan IPS
pada kelompok kontrol yaitu 74,13. Sehingga dapat di interprestasikan bahwa terdapat perbedaan yang
siginifikan kompetensi pengetahuan IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model
pembelajaran circuit learning berbantuan media flipchart dengan kelompok siswa yang dibelajarkan
menggunakan pembelajaran konvensional. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran circuit
learning berbantuan media flipchart berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPS kelas V SDN
Gugus I Kecamatan Kuta tahun ajaran 2018/2019.

Article Details

Section
Articles