KORELASI ANTARA LITERASI BACA TULIS DAN BUDAYA DENGAN PENGUASAAN KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA KELAS IV
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara: (1) literasi baca
tulis dengan penguasaan kompetensi pengetahuan IPS, (2) literasi budaya
dengan penguasaan kompetensi pengetahuan IPS, (3) literasi baca tulis (X1)
dan budaya (X2) dengan penguasaan kompetensi pengetahuan IPS (Y) siswa
kelas IV SD di gugus XIV Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Expost facto. Populasi dari penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 139 orang. Sampel yang
diambil dalam penelitian ini menggunakan teknik stratified proportional
random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 103 orang. Data diperoleh
dengan penyebaran kuesioner literasi budaya, soal uraian literasi baca tulis,
dan pencatatan dokumen penguasaan kompetensi pengetahuan IPS. Data
yang diperoleh dianalisis dengan korelasi product moment sederhana dan korelasi product moment
berganda. Hasil analisis deskriptif menemukan bahwa rata-rata literasi baca tulis yaitu 21.11 dengan
kategori sedang, literasi budaya yaitu 92.41 dengan kategori sedang, dan penguasaan kompetensi
pengetahuan IPS yaitu 68.46 dengan kategori sedang. Dari hasil uji analisis hipotesis I diperoleh rx1y
(0.213) > rtabel (0.1630), uji hipotesis II diperoleh rx2y (0.525) > rtabel (0.1630), dan uji hipotesis III
diperoleh rx1x2y (0.528) > rtabel (0.1630). Dari hasil perhitungan berarti r hitung > r tabel maka H0
ditolak dan H1 diterima. Dapat diambil simpulan terdapat korelasi antara: (1) literasi baca tulis dengan
penguasaan kompetensi pengetahuan IPS, (2) literasi budaya dengan penguasaan kompetensi
pengetahuan IPS, (3) literasi baca tulis dan budaya dengan penguasaan kompetensi pengetahuan IPS
siswa kelas IV SD di gugus XIV Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2018/2019.