Kontribusi Minat Baca dan Hubungan Sosial Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS pada Siswa Kelas V

Main Article Content

Ni Made Treismayanti
I Wayan Sujana
Ni Wayan Suniasih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan minat
baca dan hubungan sosial terhadap kompetensi pengetahuan IPS pada siswa
kelas V SD Gugus Dewi Sartika Kecamatan Denpasar Selatan dan besaran
kontribusinya. Penelitian ini menggunakan rancangan ex post facto dengan
pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas V di SD Gugus Dewi Sartika yang berjumlah 250 orang. Sampel pada
penelitian ini ada 152 orang yang ditentukan dari populasi menggunakan
teknik proportional random sampling. Metode pengumpulan data
menggunakan teknik non tes dengan instrumen dalam bentuk angket yang
terdiri dari 30 pernyataan untuk pengambilan data minat baca dan hubungan
sosial. Sebelum angket diujicobakan dilakukan uji instrumen dengan uji
validitas konstruk, uji validitas butir dan uji reliabilitas. Data kompetensi pengetahuan IPS diperoleh
dengan teknik pencatatan dokumen. Data hasil penelitian yang telah memenuhi uji prasyarat analisis di
uji menggunakan analisis statistik inferensial dengan teknik analisis regresi ganda. Hasil penelitian
menunjukkan Fhitung = 4,6 > Ftabel = 3,06 berdasarkan kriteria hal ini menunjukkan terdapat pengaruh
yang signifikan antara minat baca dan hubungan sosial terhadap kompetensi pengetahuan IPS dengan
kontribusi sebesar 5,9%. Maka dapat disimpulkan bahwa minat baca dan hubungan sosial memberikan
kontribusi sebesar 5,9% terhadap kompetensi pengetahuan IPS pada siswa kelas V SD Gugus Dewi
Sartika Kecamatan Denpasar Selatan. Sehingga 94,1% lainnya dipengaruhi oleh faktor belajar lain baik
dari faktor dalam diri maupun faktor dari luar diri siswa.

Article Details

Section
Articles