PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN PPKn
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan
kompetensi pengetahuan PPKn kelompok siswa yang dibelajarkan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuan
media video animasi dengan kelompok siswa yang dibelajarkan secara
konvensional pada siswa kelas V SD Gugus V Jenderal Sudirman Denpasar
Selatan Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian
eksperimen semu dengan rancangan non-ekuivalen control group
desaign. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus V
Jenderal Sudirman Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2018/2019 yang
berjumlah 332 siswa. Penentuan kelompok eksperimen dan kontrol
dilakukan dengan teknik random sampling. Data kompetensi
pengetahuan PPKn siswa dikumpulkan dengan instrumen berupa tes
objektif pilihan ganda biasa sebanyak 30 soal yang sudah divalidasi. Hasil
analisis menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi
pengetahuan PPKn antara kelompok siswa yang dibelajarkan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuan
media video animasi dengan kelompok siswa yang dibelajarkan secara
konvensional pada siswa kelas V SD Gugus V Jenderal Sudirman Denpasar
Selatan Tahun Ajaran 2018/2019. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil
nilai thitung = 2,825 > ttabel (ɑ=0,05, dk=75) = 1,992. Rata-rata gain skor
ternormalisasi kompetensi pengetahuan PPKn kelompok eksperimen
yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
scramble berbantuan media video animasi adalah X̅1= 0,309 > X̅2= 0,196
kelompok kontrol yang dibelajarkan secara konvesional dengan
perbedaan sebesar 0,113. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuan media video
animasi berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswa
kelas V SD Gugus V Jenderal Sudirman Denpasar Selatan Tahun Ajaran
2018/2019.