Pengaplikasian Pembelajaran Kontekstual berbasis Problem-Based Learning dalam Pembelajaran IPS untuk mengembangan Sikap Peduli Lingkungan
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaplikasian Pembelajaran Kontekstual berbasis Problem-Based Learning, menganalisis Sikap Peduli Lingkungan Siswa sebelum dan sesudah pengaplikasian Pembelajaran Kontekstual beserta ada atau tidaknya perbedaan sikap. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen ini dirancang untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual berbasis Problem Based Learning Model untuk mengembangkan Sikap Peduli Lingkungan Siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sikap peduli lingkungan siswa sebelum mengikuti pembelajaran kontekstual berbasis Problem-Based Learning Model diklasifikasikan dalam kategori cukup tinggi, sikap peduli lingkungan siswa sesudah mengikuti pembelajaran kontekstual diklasifikasikan dalam kategori tinggi, respon siswa terhadap pengaplikasian pembelajaran kontekstual diklasifikasikan dalam kategori tinggi dan terdapat perbedaan sikap peduli lingkungan terhadap siswa yang mengikuti pembelajaran kontekstual dan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional.
Article Details
References
Badan Nasional Penanggulangan Bencana Indonesia. 2019. Data Informasi Bencana Alam. Diakses pada 27 Januari 2019.
Fauzi, A & Anwar, K. (2016). The Effect of Jelajah Alam Sekitar (JAS) Approach toward the Natural Science Learning outcomes for studentswith Intellectual Disability. Jurnal penelitian dan pengembangan pendidikan luar biasa. 4(1): 24-28
Jumadi. (2003). Pembelajaran Kontekstual dan Implementasinya. Makalah disampaikann pada Workshop Sosialisasi dan Iplementasi Kurikulum 2004Madrayah Aliyah DIY, Jateng, Kalsel di FMIPA UNY Th 2003.
Kresnawati, N. (2013). Korelasi Kualitas Pembelajaran Geografi Dan Hasil Belajar Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas XII IPS SMAN 1 Ponorogo, Jurnal PB, 1 (3): 298-303
Lutfa, A. (2014). Penerapan Model Pembelajaran PBL Untuk Menumbuhkan Keterampilan Proses Sains Pada Siswa SMA. Unnes physics education journal, 3 (2): 78-80.
Mardiana. (2016). Pengaruh Modul Program KRPL Berbantuan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas VII SMPN 18 Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(1), 25-34.
Ningsih, W. I. (2013). Pengaruh Implementasi Pendekatan Proses Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Menulis dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas V MIN Banyubiru Negara. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 1-10.
Santosa, S. (2013). Eksperimentasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Ditinjau Dari Keaktifan Belajar Peserta Didik SMP Negeri Di Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013.
Sumianto. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(2), 179-188.
Susanti, S. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMP Negeri 6 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(11), 1-10.
Taufiq, A. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Terpadu Berkarakter Peduli Lingkungan Tema “Konservasi” Berpendekatan Science-Edutainment. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. JPII 3 (2) (2014) 140-14.
Winarni, E. W. (2013). Perbandingan Sikap Peduli Lingkungan, Keterampilan Proses Dan Pemahaman Konsep Antara Siswa Pada Pembelajaran IPA Menggunakan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Dan Ekspositori Di Sekolah Dasar. Jurnal ilmiah PGSD, 5(1), 145-158.