Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan
kompetensi pengetahuan PPKn kelompok siswa yang dibelajarkan dengan
model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw berbantuan media powerpoint
dengan kelompok siswa dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional
pada kelas V SD Gugus III Kecamatan Kuta Utara Tahun Ajaran 2018/2019.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan
kelompok non-equivalen control grop desain. Populasi pada penelitian ini ialah
seluruh siswa kelas V SD Gugus III Kecamatan Kuta Utara Tahun Ajaran
2018/2019 yang berjumlah 14 kelas terdiri atas 522 orang. Penentuan sampel
dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan
pengacakan kelas yang sudah ada, kemudian dilakukan pengundian untuk
penentuan kelompok eksperimen dan kontrol sehingga kelas V B SD 1
Kerobokan sebanyak 33 siswa sebagai kelompok kelas eksperimen dan kelas
V B SD 2 Kerobokan Kaja sebanyak 30 siswa sebagai kelompok kelas kontrol.
Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis ststistik deskriptif dan
statistic inferensial uji-t. Berdasarkan uji analisis data. Diperoleh thitung = 5,617
dan ttabel pada taraf signifikansi 5% dk, 61 = 2,000. Hal ini berarti thitung > ttabel
sehingga dapat diinterprestasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan
kompetensi pengetahuan PPKn antara kelompok eksperimen dengan
kelompok kontrol. Dilihat dari rata-rata kompetensi pengetahuan, kompetensi
pengetahuan PPKn kelompok eksperimen adalah 0,218 lebih besar dari ratarata
kompetensi pengetahuan PPKn kelas kontrol yaitu 0,097. Dengan
demikian dapat disimpulkan pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw berbantuan
media powerpoint berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan PPKn
siswa kelas V SD Gugus III Kecamatan Kuta Utara Tahun Ajaran 2018/2019.