PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP SIKAP SOSIAL DAN HASIL BELAJAR IPS

Isi Artikel Utama

Ni Kadek Rosdianti Pertiwi
I Wayan Murda
Ni Wayan Rati

Abstrak

Permasalahan yang ada dalam penelitian ini yaitu rendahnya sikap
sosial siswa dalam proses pembelajaran serta rata-rata hasil belajar IPS
siswa kelas IV SD Gugus VIII Kintamani yang mencapai KKM yaitu
46,35% dan yang belum mencapai KKM yaitu 53,65%. Rendahnya sikap
sosial dan hasil belajar IPS diduga dipengaruhi oleh beberapa faktor,
salah satunya yaitu guru kurang menggunakan model pembelajaran yang
inovatif. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick berbasis lagu
daerahterhadap sikap sosial dan hasil belajar IPS. Penelitian ini
merupakan penelitian quasi experiment dengan desain nonequivalent
post-test only kontrol group. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah
112 orang dan sampel penelitian berjumlah 53 orang yang diambil
dengan teknik cluster sampling. Data sikap sosial siswa dikumpulkan
menggunakan metode non tes berupa kuesioner dan data hasil belajar
IPS dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan
statistik deskriptif dan Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)
terdapat perbedaan sikap sosial antara siswa yang mengikuti model
pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick berbasis lagu daerah dengan
siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional
(Fhitung=99,75>Ftabel=4,00); 2) terdapat perbedaan hasil belajar antara
siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick
berbasis lagu daerah dengan siswa yang mengikuti pembelajaran
konvensional (Fhitung=25,32>Ftabel=4,00) dan 3) secara simultan, terdapat
perbedaan sikap sosial dan hasil belajar IPS siswa yang mengikuti model
pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick berbasis lagu daerah dengan
siswa yang mengikut pembelajaran konvensional (F=53,635<0,05).
Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick berbasis lagu daerah
berpengaruh positif terhadap sikap sosial dan hasil belajar IPS siswa.

Rincian Artikel

Bagian
Articles