KONTRIBUSI KECERDASAN KECERDASAN INTERPERSONAL DAN SIKAP PERCAYA DIRI TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS KELAS V
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan
kecerdasan interpersonal dan sikap percaya diri terhadap kompetensi
pengetahuan IPS siswa kelas V SD Gugus Dr. Soetomo Kecamatan Denpasar
Selatan. Penelitian ini menggunakan rancangan “ex post facto” dengan jenis
studi korelasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa
kelas V SD Gugus Dr. Soetomo dengan jumlah populasi sebanyak 222 siswa.
Sampel ditentukan menggunakan teknik proporsional random sampling
sehingga mendapatkan sampel sebanyak 135 siswa. Dalam penelitian ini
menggunakan metode pengumpulan data dengan teknik non tes. Teknik non
tes yang digunakan adalah kuisioner untuk mencari data kecerdasan
interpersonal dan sikap percaya diri dan pencatatan dokumen untuk
mendapat data kompetensi pengetahuan IPS. Analisis uji prasyarat dalam
penlitian ini menggunakan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov, linieritas,
multikolinieritas, dan heteroskedastisitas. Penelitian ini menggunakan dua uji
hipotesis yaitu analisis linier sederhana dan analisis linier berganda. Analisis
regresi ganda diperoleh persamaan regresi = 13,230 +0,381X1 + 0,380X2
signifikan antara kecerdasan interpersonal dan sikap percaya diri terhadap
kompetensi pengetahuan IPS dan kontribusinya sebesar 9,1%. Hasil ini
menunjukan bahwa masih terdapat 90,9% faktor belajar lain yang
memengaruhi kompetensi pengetahuan IPS. Diharapkan dalam penelitian ini
mampu mengoptimalkan kecerdasan interpersonal dan meningkatkan sikap
percaya diri siswa, menjadi acuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran
dan dapat menjadi acuan atau referensi bagi peneliti lain untuk mendalami
objek penelitian yang sejenis sehingga dapat mengembangkan penelitian
selanjutnya dan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran khusunya
kompetensi pengetahuan IPS.