KONTRIBUSI SIKAP DISIPLIN DAN MOTIF BERKOMPETISI TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA KELAS IV
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan sikap
disiplin dan motif berkompetisi terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa
kelas IV SDN Gugus Mohhamad Hatta Kecamatan Denpasar Selatan Tahun
Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto.
Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas IV SDN Gugus Mohhamad Hatta
Kecamatan Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2018/2019 berjumlah 243 siswa.
Sampel ditentukan dari populasi menggunakan teknik proportional random
sampling. Jumlah sampel dari populasi adalah 142 siswa. Metode teknik
pengumpulan data menggunakan metode non tes berupa pencatatan
dokumen dan angket. Data sikap disiplin dan motif berkompetisi diperoleh
melalui angket, data kompetensi pengetahuan IPS melalui pencatatan
dokumen. Setelah data diperoleh, dilakukan uji prasyarat analisis dengan uji
normalitas Kolmogorov-Smirnov, uji linearitas, uji multikolinearitas dan uji
heteroskedastisitas. Data penelitian yang telah memenuhi uji prasyarat
analisis diuji menggunakan analisis statistik inferensial dengan teknik
analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh yang
signifikan antara sikap disiplin dan motif berkompetisi terhadap
kompetensi pengetahuan IPS berdasarkan nilai Fhitung = 3,13 > Ftabel = 3,07
dengan kontribusi sebesar 4,3%. Sikap disiplin dan motif berkompetisi
memberikan kontribusi sebesar 4,3% terhadap kompetensi IPS pada siswa
kelas IV SDN Gugus Mohhamad Hatta Kecamatan Denpasar Selatan.
Sehingga 95,7% lainnya dipengaruhi oleh faktor belajar lain baik faktor dari
dalam maupun faktor dari luar diri siswa. Adapun saran ditujukan kepada
guru untuk lebih mengoptimalkan sikap disiplin dan motif berkompetisi
dalam pembelajaran guna dapat mencapai kompetensi pengetahuan IPS.