PENGARUH MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER BERBASIS TRI KAYA PARISUDHA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA KELAS IV SD

Isi Artikel Utama

I Putu Wira Dharma
Nyoman Kusmariyanti
Dewa Nyoman Sudana

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan
kompetensi pengetahuan IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui
model pembelajaran Numbered Head Together Berbasis Tri Kaya Parisudha dan
kelompok siswa yang dibelajarkan secara konvensional. Jenis penelitian ini adalah
quasi experiment dengan desain penelitian menggunakan Non-equivalent post-test
Only Control Grup Desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD
Gugus IV Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2018/2019 yang
terdiri dari 8 kelas dengan jumlah 165 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu
kelas IV SD Negeri 1 Bungkulan sebagai kelompok eksperimen dan SD Negeri 5
Bungkulan sebagai kelompok kontrol. Pengambilan sampel menggunakan simple
random sampling. Data dalam peneltian ini dikumpulkan dengan metode tes dan
instrumen tes kompetensi pengetahuan IPS. Data yang diperoleh kemudian
dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan infrensial (uji-t). Nilai rata-rata
yang diperoleh siswa di kelas eksperimen adalah 80,2 termasuk kategori sangat
tinggi sedangkan kelompok siswa di kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata
adalah 73,58 termasuk kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa,
terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPS antara
kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Numbered Head
Together Berbasis Tri Kaya Parisudha dan kelompok siswa yang dibelajarkan
secara konvensional. Hasil analisis menggunakan uji-t diperoleh thitung = 17,73 dan
ttabel = 2,021 sehingga didapatkan thitung > ttabel. Dengan demikian, dapat simpulkan
model pembelajaran Numbered Head Together Berbasis Tri Kaya Parisudha
berpengaruh positif terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD
Gugus IV kecamatan Sawan tahun pelajaran 2018/2019.

Rincian Artikel

Bagian
Articles