PENGARUH MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN PETA PIKIRAN TERHADAP SIKAP SOSIAL DAN KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS

Isi Artikel Utama

N.W.Nia Wijayanti
I K. Gading
D.P. Parmiti

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
make a match berbantuan peta pikiran terhadap sikap sosial dan kompetensi
pengetahuan IPS siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan
penelitian eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent pretest-posttest
control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD
di Gugus III Kecamatan Marga tahun pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian
diambil menggunakan teknik undian dengan memilih 2 kelas dari 8 kelas
anggota populasi. Sampel penelitian ini berjumlah 60 orang siswa yaitu 34
orang siswa kelas IV SD Negeri 2 Kuwum sebagai kelompok eksperimen dan
26 orang siswa kelas IV SD Negeri 3 Marga sebagai kelompok kontrol.
Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner sikap
sosial dan tes kompetensi pengetahuan IPS. Data yang telah dikumpulkan
dianalisis dengan uji MANOVA. Hasil uji hipotesis I menunjukkan bahwa F=
747,557; sig<0,05. Hasil uji hipotesis II menunjukkan bahwa F=
101,540;sig<0,05. Hasil uji hipotesis III menunjukkan bahwa F=
72,168;sig<0,05. Berdasarkan temuan di atas dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran make a match berbantuan peta pikiran berpengaruh terhadap
sikap sosial dan kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD di Gugus III
Kecamatan Marga tahun pelajaran 2018/2019.

Rincian Artikel

Bagian
Articles