Pengaruh Konten YouTube Cretivox terhadap Persepsi Remaja terkait Fenomena Friend with Benefit

Isi Artikel Utama

Markus Ravellito
Santi Delliana

Abstrak

Media baru telah berkembang dalam kehidupan masyarakat untuk mendapatkan informasi secara cepat melalui jaringan internet. Media sosial termasuk kedalam media baru yang menyajikan informasi, hiburan dan edukasi yang penting bagi masyarakat. Perkembangan ini sebetulnya sangat membantu masyarakat sehingga memberikan efek yang positif namun terdapat kesalahan penggunaan media sehingga banyak efek negatif yang ditimbulkan. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh konten YouTube Cretivox terhadap persepsi khalayak terkait fenomena Friend with Benefit. Penelitian ini menggunakan paradigma positivisme dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai metode survei. Teori penelitian ini menggunakan teori stimulus-respons dengan pengujian korelasi Pearson’s Product Moment dengan nilai sig. 0,771 yang berarti terdapat pengaruh yang kuat antara tingkat hubungan variabel X dan Y. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi, terdapat pengaruh konten YouTube Cretivox terhadap persepsi remaja Terkait fenomena friend with benefits dengan persentase 59,5% dan sebesar 40,5% dipengaruhi oleh variabel lainnya.

Rincian Artikel

Bagian
Articles
Biografi Penulis

Markus Ravellito, Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis

Department of Communication Science

Santi Delliana, Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis

Department of Communication Science

Referensi

Amaliyah, S. (2017). Eksplorasi Persepsi Ibu tentang Pendidikan Seks untuk Anak. Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2).

Beale, S. (n.d.). 30 Best Infographic Guide And Tips Online About Dating. Retrieved February 17, 2022, from http://weddingphotography.com.ph/6790/30-best-infographic-guide-tips-online-dating/

Chasanah, I. (2018). Psikoedukasi Pendidikan Seks untuk Meningkatkan Sikap Orangtua dalam Pemberian Pendidikan Seks. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 10(2), 133–150. https://doi.org/10.20885/INTERVENSIPSIKOLOGI.VOL10.ISS2.ART5

Cretivox. (n.d.). Home - Cretivox -The New Favorite Entertainment. Retrieved February 17, 2022, from https://cretivox.com/home/

David, E. (2017). Pengaruh Konten Vlog dalam Youtube terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi. E-Journal “Acrta Diurna,” 6(1).

Delliana, S. (2021). Bingkai Kehidupan Janda Meneropong Dari Kacamata Dramaturgi. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 11(2), 113–125. https://doi.org/10.35814/COVERAGE.V11I2.1818

Dewi, P. (2020). Menguju Kepuasan Hubungan Melalui Intimasi dan Perasaan Cemburu pada Pelaku Hubungan Friends with Benefits. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 10(2).

Hasiana, I. (2020). Peran Orangtua Dalam Pendidikan Seksual Anak Usia Dini. Wahana : Tridarma Perguruan Tinggi, 72(2), 118–125. https://doi.org/10.36456/WAHANA.V72I2.2725

Kholisoh, N. (2018). Pengaruh Terpaan Informasi Vlog di Media terhadap Sikap Guru dan Dampaknya terhadap Persepsi Siswa. 2018, 3(5).

Kriyantono, R. P. . (2020). TEKNIK PRAKTIS RISET KOMUNIKASI KOMUNIKASI KUANTITATIF DAN KUALITATIF. Jakarta: PReNADAMEDIA GROUP.

Lai, G., & Fung, K. Y. (2019). From online strangers to offline friends: a qualitative study of video game players in Hong Kong: Https://Doi.Org/10.1177/0163443719853505, 42(4), 483–501. https://doi.org/10.1177/0163443719853505

Noetel, M., Griffith, S., Delaney, O., Sanders, T., Parker, P., Cruz, B. del P., & Lonsdale, C. (2021). Video Improves Learning in Higher Education: A Systematic Review: Review of Educational Research, 91(2), 204–236. https://doi.org/10.3102/0034654321990713

Parvanta, C. (2019). Social Marketing and Social Media: Friends with Benefits. AMWA Journal, 188–190. Retrieved from https://indegenerep.s3.ap-south-1.amazonaws.com/indegene/pdf/intelligent-content-creation-and-reuse.pdf#page=45

Pinandari, A. W., Wilopo, S. A., & Ismail, D. (2015). Pendidikan Kesehatan Reproduksi Formal dan Hubungan Seksual Pranikah Remaja Indonesia. Kesmas: Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional (National Public Health Journal), 10(1), 44–50. https://doi.org/10.21109/KESMAS.V10I1.817

Purwasih, W. (2020). Pendidikan Seks untuk Anak Usia Dini di Masa Pendemi Covid-19. BUANA GENDER : Jurnal Studi Gender Dan Anak, 5(2), 108–125. https://doi.org/10.22515/BG.V5I2.2818

Romli, M. . (2016). Komunikasi Massa. PT. Grasindo.

Siyoto, S. (2015). DASAR METODOLOGI PENELITIAN (1st ed.; Ayup, Ed.). Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sudarti, D. . (2019). KAJIAN TEORI BEHAVIORISTIK STIMULUS DAN RESPON DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA. Jurnal Tarbawi, 16(2).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dari R&D (1 s.d 28; M. Dr. Ir. Sutopo. S.Pd, Ed.). Bandung: ALFABETA.

Sumantri, M. A., & Dewi, Y. T. (2020). Komparasi Antara Tingkat Kepuasan Seksual dan Kepuasan Hubungan (Hubungan Friends with Benefit vs. Hubungan Konvensional). Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 6(1), 29–42. https://doi.org/10.22146/GAMAJOP.53991

Surahman, Rachmat, M., & Supardi, S. (2016). METODOLOGI PENELITIAN (1st ed.). Jakarta: Pusdik SDM Kesehatan.

Trask, S. L., Horstman, H. K., & Hesse, C. (2019). Deceptive Affection Across Relational Contexts: A Group Comparison of Romantic Relationships, Cross-Sex Friendships, and Friends With Benefits Relationships: Https://Doi.Org/10.1177/0093650219841736, 47(4), 623–643. https://doi.org/10.1177/0093650219841736