Literasi Buku Teks untuk Meningkatkan Pemahaman MultiKultur Siswa
Isi Artikel Utama
Abstrak
Buku teks belum dimanfaatkan secara optimal baik oleh siswa maupun guru dalam proses pemahaman multi kultural pada mata pelajaran Pkn (pendidikan dan kewarganegaraan) di SMP Negeri 1 Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan tahun ajaran 2020/2021. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode SQ3R (survey, question, read, recite, review) dengan pendekatan scientific inquiry untuk meningkatkan pemahaman multikultural. Metode penelitian digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan prosedur terdiri dari tiga siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data digunakan adalah observasi, wawancara, studi literatur, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D sebanyak 48 orang di SMP Negeri 1 Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan tahun ajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan literasi buku teks dengan metode SQ3R dapat meningkatkan pemahaman multikultur siswa. Peningkatan pemahaman merupakan proses pembelajaran dari cukup menjadi baik. Ini berdampak pada salah satu cara untuk mempertahankan proses pemahaman multikultur siswa pada kehidupan masyarakat majemuk.
Rincian Artikel
Referensi
Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.
Utama, A. C. C., & Irwansyah, I. (2021). Indonesia dan Dunia: Komparasi Pendidikan Literasi Media untuk Masyarakat yang Beragam. Media Komunikasi FPIPS, 20(2), 93-105.
Dhamayanty, A. C. (2020). Pengembangan Buku Pengayaan Berbasis Multikultural Untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Kelas Xi Mipa Sma Negeri 8 Malang. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 15(27).
Hidayah, L., & Widodo, G. S. (2020). Manajemen Pendidikan Karakter Melalui Gerakan Literasi Nasional. In (Webinar) Seminar Nasional Pendidikan 2020 (Vol. 1, No. 1, pp. 193-196).
Mumpuni, A., & Masruri, M. S. (2016). Muatan nilai-nilai karakter pada buku teks kurikulum 2013 pegangan guru dan pegangan siswa kelas II. Jurnal Pendidikan Karakter, (1).
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.
Priasti, S. N., & Suyatno, S. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(2), 395-407.
Pulungtana, J. R., & Dwikurnaningsih, Y. (2020). Evaluasi Kinerja Mengajar Guru IPS Dalam Mengimplementasikan TPACK. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 9(1), 146-155.
Mansur, R. (2018). Belajar jalan perubahan menuju kemajuan. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1).
Mubin, M., & Bakri, M. (2021). Pembentukan Karakter dan Identitas Bangsa Melalui Pendidikan Multikultural. Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman, 11(2), 105-111.
Nafi'ah, A. L., & Masyhuda, H. M. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural dalam Buku Teks di Sekolah Dasar Kelas Atas. ESTETIK: Jurnal Bahasa Indonesia, 4(1), 65-86.
Nurgiansah, T. H., Pratama, F. F., & Nurchotimah, A. S. I. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila dan Kewarganegaraan), 2(1), 10-23.
Riyan, A., Prijana, P., & Sukaesih, S. (2015). Potensi Membaca Buku Teks (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Bandung). Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 3(1), 81-88.
Salsabila, S. S., Rohmadani, A. I., Mahmudah, S. R., Fauziyah, N., & Sholihatien, R. A. N. (2022). Tantangan Pendidikan Multikultural di Indonesia di Zaman Serba Digital. ANWARUL, 2(1), 99-110.
Tricahyono, D., Sariyatun, S., & Ediyono, S. (2020). Analisis Wacana Kritis Pendidikan Multikultural dan Pendidikan Nilai Dalam Buku Teks Sejarah SMA. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 17(1), 1-10.
Yamin, M. (2021). Analisis buku teks: muatan nilai multikultural dalam buku teks ips kelas viii. Reform: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 4(01), 1-10.
Zasnimar, Z .2020. Penerapan metode sq3r meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa sdn 002 toapaya. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 5(2)