MENCIPTAKAN LAYANAN PERPUSTAKAAN YANG BERKUALITAS SEBAGAI PENDUKUNG PELAKSANAAN TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI
Isi Artikel Utama
Abstrak
ABSTRAK
Keberadaan perpustakaan di perguruan tinggi sangatlah penting sebagai penunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi. Bagi kampus hal tersebut sering dikatakan bahwa perpustakaan merupakan “jantungnya perguruan tinggi”. Civitas kampus harus dapat memanfaatkan perpustakaan sebagai salah satu sumber belajar. Sejalan dengan fungsi perpustakaan, maka disini diwajibkan bagi seorang pustakawan untuk memberikan layanan. Layanan pelanggan (customer service) yang berkualitas bisa diungkapkan dalam satu kata, yaitu respek. Dilihat dari tugas perpustakaan perguruan tinggi tersebut, yang selalu menjadi permasalahan dewasa ini adalah masalah pelayanan, karena memberikan pelayanan yang berkualitas kepada pengunjung dalam praktiknya bukan merupakan suatu hal yang mudah. Layanan pelanggan yang berkualitas terdiri atas dua dimensi yang integral, yaitu: (1) dimensi prosedural dan (2) dimensi personal. Customer service harus dijadikan core strategy untuk memberikan pelayanan berkualitas sebagai pendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi,
Kata Kunci: layanan berkualitas, perpustakaan, Tri Dharma Perguruan Tinggi