Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning berbantuan Platform Edmodo terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa SMP Taman Sastra Jimbaran
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Blended Learning berbantuan Platform Edmodo terhadap motivasi dan hasil belajar IPS siswa SMP Taman Sastra Jimbaran. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII berjumlah 75 orang siswa yang terbagi dalam tiga kelas yaitu VIII A, VIII B dan VIII C, sedangkan sampel penelitian ini adalah kelas VIIIA dan VIII B yang ditentukan dengan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, tes dan observasi. Uji hipotesis dilakukan dengan Manova. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Platform Edmodo Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa SMP Taman Sastra Jimbaran, baik secara terpisah maupun secara simultan.
Rincian Artikel
Referensi
Arifin, M., & Ekayati, R. (2019). E-learning berbasis edmodo. Deepublish.
Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57
Candiasa, Im. (2010). Statistik Univariat dan Bivariat disertai aplikasi SPSS. Singaraja: Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha.
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Firmansyah, R. (2020). Pengaruh Blended Learning Terhadap Hasil Belajar PAI Peserta Didik Kelas X SMAN 8 Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.
Khoiroh, N. (2017). Pengaruh model pembelajaran blended learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Gumukmas. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), 97–110.
Krathwohl, A. and. (2002). A Revision Of Bloom ’ S Taxonomy. Theory into Practice, 41(4), 212–219.
Manggabarani, A. F., & Masri, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pitumpanua Kab . Wajo ( Studi Pada Materi Pokok Sistem Periodik Unsur ) The Effect Of “ Blended Learning ” Models On Motivation and Student Achieve. Jurnal Cemica, 17, 83–93.
Munir Yusuf. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan. Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo, 126.
Sjukur, S. B. (2012). Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3).
Sri Evariani, N. G. A. M., Kertih, I. W., & Akhmad Haris, I. (2017). Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (Stm), Keterampilan Berpikir Kritis, Dan Prestasi Belajar Ips. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 1(1), 38–46. https://doi.org/10.23887/pips.v1i1.2823
Sriartha, I. P., & Kertih, I. W. (2020). Subak Local Wisdom as Social Studies Learning Source in Junior High School. 438(Aes 2019), 23–27. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200513.006
Surahman, E., & Mukminan, M. (2017). Peran guru IPS sebagai pendidik dan pengajar dalam meningkatkan sikap sosial dan tanggung jawab sosial siswa SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 1–13.
Syahrin, S. A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas 8 Di Smpn 37 Jakarta. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, 1–196.
Syarif, I. (2012). Pengaruh model blended learning terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2).
Wibowo, N. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Aplikasi Edmodo Terhadap Hasil Belajar dan Keterlibatan Siswa pada Pokok Bahasan Mata dan Kacamata Untuk Siswa Kelas XI MIPA 2 SMAN I Ngemplak. Skripsi Program Studi Fisika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Widyaningsih, O., Banindra, C., & Nugraheny, D. (2020). Pengembangan Model Blended Learning Untuk Sekolah Dasar. https://doi.org/10.21009/JPD.0102.15