Penggunaan Model Kooperatif Tipe STAD berbantuan Media Mind Mapping terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa SMP Negeri 3 Sukawati

Isi Artikel Utama

Ni Luh Sri Novi Sumitadewi
I Gede Astra Wesnawa
Ida Bagus Made Astawa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Model Kooperatif Tipe STAD berbantuan media mind mapping diimplementasikan guru dalam membelajarkan IPS, menganalisis aktivitas dan hasil belajar siswa setelah implementasi model serta menganalisis pengaruh pengimplementasian Model aktivitas dan hasil belajar. Subjek sasaran perbaikan dalam PTK ini adalah Kelas VIII F SMP Negeri 3 Sukawati dengan jumlah siswa 41 orang. Data dikumpulkan menggunakan metode tes (data hasil belajar siswa) dan observasi (data pengimplementasian pembelajaran dan data aktivitas belajar siswa) yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model Kooperatif Tipe STAD berbantuan media mind mapping telah diimplementasikan guru dalam membelajarkan IPS dengan nilai mencapai 80,83 terkategori baik. Penerapan pembelajaran kooperatif tife STAD berbantuan media mind mapping mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan peningkatan sebesar 23,7% (dari rata-rata 57,60 pada Siklus 1 menjadi 81,34 pada Siklus II. Hasil belajar siswa setelah digunakannya Model Kooperatif Tipe STAD berbantuan media mind mapping dalam membelajarkan IPS tergolong tinggi dengan peningkatan sebesar 10,63% (dari rata-rata 69,80 pada Siklus 1 menjadi 81,90 pada siklus 2. Di sisi lain, terdapat pengaruh yang signifikan pengimplementasian model terhadap aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas VIII F SMP Negeri 3 Sukawati. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tife STAD berbantuan media mind mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Berkenaan dengan itu, guru dapat mempertimbangkan untuk menggunakan model pembelajaran Koperatif Tipe STAD berbantuan Media Mind Mapping sebagai laternatif untuk digunakan dalam mengatasi permasalah pembelajaran yang sejenis.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Anandita C. D. P. & Sumardi, S. H. (2018). Pengaruh Model Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Peristiwa Sekitar Proklamasi Kemerdekaan Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar’, Pedadidaktika, 5(1), 118–25 https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/7245

Arikunto, S. & Suhardjono, S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Asmaradewi, M. (2017). Hubungan Aktivitas Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang.

Dewi, N. A., Wesnawa, I G. A. & Kertih, I. W. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Peta Pikiran, Keterampilan Sosial Dan Kompetensi Pengetahuan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)’, Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 5(1), 21–33. https://doi.org/10.23887/pips.v5i1.242

Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Cetakan ketiga. Jakarta: Rineka Cipta.

Edward, C. (2009). Mind Mapping untuk Anak Sehat dan Cerdas.Yogyakarta: Sakti.

Hamalik, O. (2012). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hidayah, R. N. (2010). Melalui Bermain Sains Tinta Transparan ( Sebuah Penelitian Tindakan Kelas Di Play Group ’ Aisyiyah 20 Pajang Surakarta ).

Meldina, T., Melinedri, Alfiana, A. & Siti, H. H. (2020). Integrasi Pembelajaran IPS Pada Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar’, AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 15-25 https://doi.org/10.29240/jpd.v4i1.1572

Puger, I G. N. (2004). Belajar Kooperatif. Diktat Perkuliahan Mahasiswa Unipas.

Purwanti, E., Wahyu, P., Muizzudin & Fendy, H. P. (2018). Penerapan (STAD) Dipadu Mind Mapping Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Pemahaman Konsep’, JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4(1).

Sanjaya, W. P. & Putra. (2020). Pembelajaran IPA Dengan Model Stad Berbantuan Media Mind Mapping Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Siswa. JLLS, 3(2), 191–202 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/view/26807%0Ahttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/download/26807/16804

Sayekti, E. & Suwono, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Sains Berbantuan Mind Mapping Terhadap’, Jurnal Pendidikan, 2(4), 550–55

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group

Susanti, N. W. S., Lasmawan, I W. & Kertih, I W. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achiecement Division (Stad) Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Sejarah’, Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 5(2) https://doi.org/10.23887/pips.v5i2.427

Wisesa, A., Lasmawan, I W. & Suastika, I N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Citizen Terhadap Keterampilan Berpikir Dan Hasil Belajar Ppkn Siswa Kelas X Di Sma Negeri 1 Busungbiu’, Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(1) https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP