Pengaruh Task-Based Learning Model terhadap Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran IPS
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum berkembangnya keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa dalam pembelajaran IPS dengan tujuan untuk menganalisis pengimplementasian Task-Based Learning Model dalam pembelajaran IPS pada Kelas VIII, menganalisis pengaruh Task-Based Learning Model terhadap keterampilan komunikasi siswa kelas VIII dalam pembelajaran IPS, menganalisis pengaruh Task-Based Learning Model terhadap keterampilan kolaborasi siswa kelas VIII dalam pembelajaran IPS, dan menganalisis pengaruh Task-Based Learning Model secara simultan terhadap keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa kelas VIII dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian eksperimen semu/quasy eskperimental dengan posttest only control group design. Sampel penelitian ditentukan secara random dengan tehnik undian untuk menetapkan dua (2) dari tiga (3) kelas populasi, yaitu satu sebagai kelompok eksperimen (Kelas VIII-3) dan satu sebagai kelompok kontrol (Kelas VIII-2) setelah terlebih dahulu dilakukan uji kesetaraan. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, dan pencatatan dokumen yang datanya kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan Kuantitatif (Manova) untuk uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengimplementasian Task-Based Learning Model yang dilakukan guru dalam pembelajaran IPS pada Kelas VIII tergolong dalam kriteria baik sekali dengan nilai sebesar 95. Selain itu, terdapat pengaruh Task-Based Learning Model secara signifikan (Fhitung 63,985 dan nilai signifikansi 0,000) terhadap keterampilan komunikasi siswa kelas VIII dalam pembelajaran IPS, terdapat pengaruh Task-Based Learning Model secara signifikan (Fhitung 49,581 dan nilai signifikansi 0,000) terhadap keterampilan kolaborasi siswa kelas VIII dalam pembelajaran IPS. Secara simultan terdapat pengaruh Task-Based Learning Model yang signifikan (Fhitung 41,124 dan nilai signifikansi 0,000) terhadap keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa kelas VIII dalam pembelajaran IPS.
Rincian Artikel
Referensi
Apriono, D. (2011). Implementasi Collaborative Learning dalam Meningkatkan Pemikiran Kritis Mahapeserta didik. Jurnal Prospektus UNIROW Tuban, 7(1), 13–20.
Astawa, I. B. M., & Sarmita, I. M. (2021). Task-Based Learning Model sebagai Alternatif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Geografi di Tengah Pandemi Covid-19. In Laporan Penelitian Terapan. Singaraja: Undiksha.
Celik, B. (2017). Task-Based Learning: An Effective Way of Developing Communication Skills. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 4(2). https://doi.org/10.23918/ijsses.v4i2sip104
Chatab, N. (2007). Profil Budaya organisasi: Mendiagnosis Budaya dan Merangsang Perubahannya. Alfabeta.
Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam. (2019). Modul Pembelajaran Abad 21. In Kementerian Agama Republik Indonesia.
Duchatelet, D., Spooren, P., Bursens, P., Gijbels, D., & Donche, V. (2021). Explaining self-efficacy development in an authentic higher education learning context of role-play simulations. Studies in Educational Evaluation, 68. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2020.100940
Erfiani, Y. P. F., & Neno, H. (2021). Peningkatan Pemahaman Metode Pengajaran Task Based Language Teaching Bagi Guru Bahasa Inggris SMPN 2 Insana. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 36. https://doi.org/10.32503/cendekia.v3i1.1584
Evens, M., Verburgh, A., & Elen, J. (2013). Critical Thinking in College Freshmen: The Impact of Secondary and Higher Education. International Journal of Higher Education, 2(3). https://doi.org/10.5430/ijhe.v2n3p139
Huang, X., Mayer, R. E., & Usher, E. L. (2020). Better together: Effects of four self-efficacy-building strategies on online statistical learning. Contemporary Educational Psychology, 63, 101924. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2020.101924
Hyytinen, H., Toom, A., & Postareff, L. (2018). Unraveling the complex relationship in critical thinking, approaches to learning and self-efficacy beliefs among first-year educational science students. Learning and Individual Differences, 67(May 2017), 132–142. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2018.08.004
Ilyas, M., & Yulianto, Y. (2019). Pengaruh Penggunaan Task Based Learning Dalam Pembelajaran Speaking. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10(2), 16–24. https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(2).3931
Karima, M. K., & Ramadhani. (2018). Permasalahan Pembelajaran Ips Dan Strategi Jitu Pemecahannya. Ittihad: Jurnal Pendidikan, 2(1), 43–53.
Kryshko, O., Fleischer, J., Grunschel, C., & Leutner, D. (2021). Self-efficacy for motivational regulation and satisfaction with academic studies in STEM undergraduates: The mediating role of study motivation. Learning and Individual Differences, 93(January 2021), 102096. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2021.102096
Marfuah, M. (2017). Improving Students’ Communications Skills Through Cooperative Learning Models Type Jigsaw. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 148. https://doi.org/10.17509/jpis.v26i2.8313
Mulyasa, E. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. PT. Remaja Rosdakarya.
Murtiningrum, Rr. C. R. D., Rafli, Z., & Purbaini, A. (2020). Penerapan Metode Task-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Bisnis Bahasa Inggris. DEIKSIS, 12(02), 220. https://doi.org/10.30998/deiksis.v12i02.5026
Nasikha, B., Mulyadi, D., & Wijayatiningsih, Testiana D. (2019). Pengaruh Task Based Language Teaching (TBLT) Terhadap Pemahaman Membaca Siswa pada Teks Eksposisi Analitik. Prosiding Mahasiswa Seminar Nasional Unimus, 389–395.
Nawawi, H. (2015). Manajemen sumber daya manusia. Universitas Gadjah Mada.
Pools-m. (2020). Task Based Learning Task Based learning 2 Contens.
Riadi, A., & Retnawati, H. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Meningkatkan HOTS pada Kompetensi Bangun Ruang Sisi Datar Developing Learning Kit to Improve HOTS for Flat Side of Space Competence. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2).
Rizka, B., & Lismalinda. (2021). The Influence of Problem-Based Learning Model on Students’ Learning Outcomes in Aceh Private University. Media Komunikasi FPIPS, 20(1), 56-60. https://doi.org/10.23887/mkfis.v20i1.30430
Schroeder, R. G. (1997). Manajemen Operasi Pengambilan Keputusan dalam Fungsi Operasi Jilid II Edisi Ketiga. In Erlangga (2nd ed.). Erlangga.
Schwinger, M., & Otterpohl, N. (2017). Which one works best? Considering the relative importance of motivational regulation strategies. Learning and Individual Differences, 53, 122–132. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2016.12.003
Setyaningsih, C. D. (2020). Peningkatan Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Materi IPA pada Siswa Kelas V SD Kanisius Jomegatan. In Universitas Sanata Dharma Yogyakarta (Vol. 4, Issue 1).
Sholeh, M. B. (2021). Implementation of Task-based Learning in Teaching English in Indonesia: Benefits and Problems. Journal of English Teaching, Applied Linguistics and Literatures (JETALL), 4(2), 129. https://doi.org/10.20527/jetall.v4i2.9327
Subandi, I M., Lasmawan, I W., & Suastika, I. N. (2022). Pengaruh Adaptive Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar PPKn di SMKN 1 Mas Ubud. Media Komunikasi FPIPS, 21(2), 180-190. https://doi.org/10.23887/mkfis.v21i2.49764
Subarkah, A. R. (2018). Identifikasi Problematika Pembelajaran IPS. In Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta , 151(2).
Sulaiman, S. S. (2020). Model Pembelajaran Bahasa Berbasis Tugas (Pbbt) Melalui Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(2). https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i2.8886
Sumitadewi, N. L. S. N., Wesnawa, I G. A., & Astawa, I. B. M. (2022). Penggunaan Model Kooperatif Tipe STAD berbantuan Media Mind Mapping terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa SMP Negeri 3 Sukawati. Media Komunikasi FPIPS, 21(2), 141-153. https://doi.org/10.23887/mkfis.v21i2.49617
Taksu, I. K., & Wesnawa, I. G. A. (2019). Pengembangan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Hutan Mangrove Sebagai Sumber Belajar IPS. PIPS, 3(2).
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.
Wahid, A. H., & Karimah, R. A. (2018). Integrasi High Order Thinking Skill (HOTS) dengan Model Creative Problem Solving. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 5(1), 82–98. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/161
Yayuk, E., Deviana, T., & Sulistyani, N. (2019). Implementasi Pembelajaran Dan Penilaian Hots Pada Siswa Kelas 4 Sekolah Indonesia Bangkok Thailand. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 5(2), 107. https://doi.org/10.22219/jinop.v5i2.7106