Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw berbantuan Video Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar IPS Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa
Isi Artikel Utama
Abstrak
Artikel ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh model pembelajaran Jigsaw Berbantuan Video Pembelajaran terhadap prestasi belajar IPS ditinjau dari motivasi berprestasi siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan The Posttest-Only Control-Group Desain. Populasi penelitian adalah seluruh siswa Kelas IX SMP N 1 Kerambitan. Sebanyak 70 orang siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik group/class random sampling. Data motivasi belajar dikumpulkan dengan kuesioner dan prestasi belajar menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan Anava A-B berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil uji normalitas sebaran data menunjukkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak, sehingga semua kelompok data skor prestasi belajar IPS berdistribusi normal. Secara keseluruhan uji hipotesis penelitian dilakukan dengan menggunakan ANAVA dua jalur dengan taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh interaksi yang signifikan antara siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dalam mengikuti model pembelajaran jigsaw Berbantuan video pembelajaran dengan STAD terhadap prestasi belajar IPS.
Rincian Artikel
Referensi
Adha, M. M., & Yanzi, H. (2013). Model Pengembangan Pembelajaran Pendididikan Kewarganegaraan Berbasis Multikultur Dalam Rangka Menanamkan Nilai-Nilai Ham Dan Demokrasi. Media Komunikasi FPIPS, 12(2), 1-16. https://doi.org/10.23887/mkfis.v12i2.1705
Alani, T. R. R., Obielodan, O. O., Onojah, A. O., Omotayo, A. S., Onojah, A. A., & Alasan, N. J. (2022). Relationship between Sciences and Education Lecturers’ Perceived Use of Mobile Technologies for Instruction. Media Komunikasi FPIPS, 21(1), 39-48. https://doi.org/10.23887/mkfis.v21i1.41141
Bhaskara, P. E. W., Sriartha, I P., & Suastika, I. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning berbantuan Platform Edmodo terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa SMP Taman Sastra Jimbaran. Media Komunikasi FPIPS, 21(2), 154-165. https://doi.org/10.23887/mkfis.v21i2.49415
Dantes, N. 1986. Analisis Varians. Singaraja: FKIP Unud.
Heri, Y., Sriartha, I P., & Suastika, I N. (2021). Pengembangan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Suku Sasak Sebagai Suplemen Materi Ajar Pada Mata Pelajaran IPS SMP Negeri 4 Jerowaru Kabupaten Lombok Timur. Media Komunikasi FPIPS, 20(2), 118-129. https://doi.org/10.23887/mkfis.v20i2.36799
Kamaruddin, S. and Yusoff, N. M. R. N. (2019) ‘The Effectiveness of Cooperative LearningModel Jigsaw and Team Games Tournament (TGT) towards Social Skills’, CreativeEducation,10(12),pp.2529–2539.doi:10.4236/ce.2019.1012180.
Munte, B. (2019) ‘The Effect of Cooperative Model “Jigsaw Type” in Improving Students’Achievement at Christian Education Subject Case: Grade XII IPA 1-2 SMA Negeri 1Tebing Syahbandar’, International Journal of English Literature and Social Sciences, 4(2),pp. 344–350.doi:10.22161/ijels.4.2.24
Pariani, N., Sriartha, I P., & Kertih, I W. (2021). Pengaruh Metode Outdoor Study Berbasis Subak Dalam Pembelajaran IPS Terhadap Sikap Sosial Dan Sikap Ekologis Siswa Sekolah Dasar Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung. Media Komunikasi FPIPS, 20(2), 106-117. https://doi.org/10.23887/mkfis.v20i2.35911
Purna, M. R. P., Kertih, I W., & Atmadja, A. T. (2021). Pengintegrasian LPD Sebagai Sumber Belajar Dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri 4 Singaraja. Media Komunikasi FPIPS, 20(2), 130-138. https://doi.org/10.23887/mkfis.v20i2.36802
Subandi, I M., Lasmawan, I W., & Suastika, I. N. (2022). Pengaruh Adaptive Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar PPKn di SMKN 1 Mas Ubud. Media Komunikasi FPIPS, 21(2), 180-190. https://doi.org/10.23887/mkfis.v21i2.49764
Sumitadewi, N. L. S. N., Wesnawa, I G. A., & Astawa, I. B. M. (2022). Penggunaan Model Kooperatif Tipe STAD berbantuan Media Mind Mapping terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa SMP Negeri 3 Sukawati. Media Komunikasi FPIPS, 21(2), 141-153. https://doi.org/10.23887/mkfis.v21i2.49617
Widiantari, A. A. K. A., Wesnawa, I G. A., & Mudana, I. W. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Dengan Perpaduan Asinkronous Dan Sinkronous Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Ekonomi. Media Komunikasi FPIPS, 20(2), 151-160. https://doi.org/10.23887/mkfis.v20i2.37799