Kajian Self Awareness dan Strategi Belajar Bencana Erupsi Gunungapi Merapi Peserta Didik di SMP Muhammadiyah Muntilan
Isi Artikel Utama
Abstrak
pada lokasi rawan bencana erupsi Gunungapi Merapi. Dikarenakan lokasinya ini tentunya seluruh komunitasi sekolah memerlukan kewaspadaan terhadap bencana erupsi Gunungapi Merapi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis self awareness dan strategi belajar peserta didik terhadap bencana erupsi Gunungapi Merapi di SMP Muhammadiyah Muntilan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif yang menggunakan sampel sebanyak 192 peserta didik. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan peserta didik SMP Muhammadiyah Muntilan memiliki self awareness yang cukup baik namun belum memiliki kesadaran untuk mengembangkan self awareness dalam kehidupan sehari-hari. Strategi belajar peserta didik SMP Muhammadiyah Muntilan dalam mempelajari bencana erupsi Gunungapi Merapi yaitu berkonsentrasi pada proses pembelajaran, memiliki manajemen waktu, memotivasi diri, memiliki strategi mengerjakan soal ujian, memproses informasi melalui berbagai sumber, mencari ide-ide pokok materi, mencari referensi di perpustakaan, dan menggunakan alat bantu belajar sehingga dapat meningkatkan pemahaman peserta didik dalam mempelajari bencana erupsi Gunungapi Merapi.
Rincian Artikel
Referensi
Addiarto, W., & Yunita, R. (2019). Aplikasi Media Tabletop Disaster Exercise (TDE) untuk Meningkatkan Kesadaran dalam Menghadapi Bencana. Conference on Research & Community Services, 593–598.
Akhir, Muhammad. (2017). Penerapan Strategi Belajar Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Membaca pada Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education. Volumen 1 Nomor 2.
Asrori, M. (2016). Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. Madrasah, 6(2), 26. https://doi.org/10.18860/jt.v6i2.3301
Basyid, M. A. (2010). Pengembangan Peta Rencana Kontijensi Bencana Gunung Api Studi Kasus: Gunung Api Lokon. Jurnal Rekayasa Institut Teknologi Nasional, 14(4), 216–226.
Dien, R. Kumaat, M. (2015). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Gempa Bumi Pada Siswa Smp Kristen Kakaskasen Kota Tomohon. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 3(2), 110175.
Eryanti, Ika. (2015). Pengaruh Strategi Belajar Peta Konsep Terhadap Ketuntasan Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Volumen 1 Nomor 2.
Fatkhurrokhman, Mohammad. (2016). Strategi Belajar Siswa Pada Kegiatan Praktik Kerja Industri dalam Memperoleh Kompetensi. Jurnal Ilmian Pendidikan Teknik Elektro. Volumen 1 Nomor 1 Halaman 47-58.
Flurentin, Elia. (2012). Latihan Kesadaran Didi (Self Awareness) dan Kaitannya dengan Penumbuhan Karakter. Jurnal Inspirasi Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang. Vil 1. No. 1.
Handayani, L. D. W., Tjahjono, B., & Trisasongko, B. H. (2013). Interpretasi Bentuklahan Gunungapi Guntur Menggunakan Citra Ikonos. Jurnal Ilmu Tanah Dan Lingkungan, 15(2), 76. https://doi.org/10.29244/jitl.15.2.76-83
Haryadi, H. (2017). Efektifitas Strategi Pengajaran Edutainment Dengan Metode Picture Terhadap Konsentrasi Belajar Matematika Materi Pokok Himpunan Pada Siswa Kelas VII Mts. Darussalam Bermi Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Mandala Educartion, 3(2), 81–98.
Kurniawati, I. D., & Nita, S.-. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540
Kusumaningrum, Elza. (2016). Perbedaan Perilaku Prososial dan Self Awareness Terhadap Nilai Budaya Lokal Jawa Ditinjau dari Jenis Kelamin pada Siswa SMA Kyai Ageng Basyariyah Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun. Jurnal Ilmiah Counsellia. Volume 6 Nomor 2 Hal 17-30.
Lestari, P., Sembiring, I. D. P. B., Prabowo, A., Wibawa, A., & Hendariningrum, R. (2012). Manajemen Komunikasi Bencana Saat Tanggap Darurat. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 139–158.
Maharani, L., & Mustika, M. (2016). Hubungan self awareness dengan kedisiplinan peserta didik kelas VIII di SMP Wiyatama Bandar Lampung. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(1), 57–62.
Murtianto, H. (2016). Potensi Kerusakan Gempa Bumi Akibat Pergerakan Patahan Sumatera Di Sumatera Barat Dan Sekitarnya. Jurnal Geografi Gea, 10(1). https://doi.org/10.17509/gea.v10i1.1667
Nursana, Endang dan Desiningrum. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian. Volumen 1 Nomor 5.
Nu'man, Mulin. (2019). Self Awareness Siswa Madrasah Aliyah dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika. Volume 1 Nomor 1.
Putra, A. W. S., & Podo, Y. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pengetahuan masyarakat dalam mitigasi bencana alam tanah longsor. Urecol 6th, 305–314.
Septianintias, Arina dan Herwin. (2022) Hubungan Self Awareness dengan Disiplin Belajar Peserta Asesmen Komptensi Minimum. Jurnal Foundasia. Volume 12 Nomor 1 Halaman 16-23.
Septikasari, Z., & Ayriza, Y. (2018). Strategi Integrasi Pendidikan Kebencanaan Dalam Optimalisasi Ketahanan Masyarakat Menghadapi Bencana Erupsi Gunung Merapi. Jurnal Ketahanan Nasional, 24(1), 47. https://doi.org/10.22146/jkn.33142
Sihaloho, R. P. (2019). Hubungan Antara Self Awareness dengan Deindividuasi Pada Mahasiswa Pelaku Hate Speech. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 5(2), 114–123.
Suryaningsih, E., & Fatmawati, L. (2018). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Tentang Mitigasi Bencana Erupsi Gunung Api Untuk Siswa Sd/Mi Kelas Iv Di Daerah Rawan Bencana. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 110. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.5310
Trirahayu, T. (2016). Manajemen Bencana Erupsi Gunung Merapi Oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sleman Merapi Eruption Disaster Management By Sleman Regional Disaster Management Agency. 5(9), 1–14.
Ulya, S. F., Sukestiyarno, Y., & Hendikawati, P. (2018). Analisis Prediksi Quick Count Dengan Metode Stratified Random Sampling Dan Estimasi Confidence Interval Menggunakan Metode Maksimum Likelihood. Unnes Journal of Mathematics, 7(1), 108–119.