Pengaruh Kemampuan Belajar Metacognisi dan Self-Esteem terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa di SMA Negeri 2 Sukoharjo

Isi Artikel Utama

Jesica Widuri Sianipar
Ratih Puspita Dewi
Muhammad Musiyam

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemampuan belajar metacognisi terhadap hasil belajar geografi, menganalisis pengaruh self-esteem terhadap hasil belajar geografi, dan menganalisis pengaruh kemampuan belajar metacognisi dan self-esteem terhadap hasil belajar geografi siswa di SMA Negeri 2 Sukoharjo. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner untuk mengukur kemampuan belajar metacognisi dan self-esteem, sedangkan variabel hasil belajar geografi diperoleh dari nilai raport mata pelajaran geografi selanjutnya dianalisis dengan teknik statistik yaitu uji hipotesis berupa uji korelasi product moment tunggal dan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara kemampuan belajar metacognisi terhadap hasil belajar geografi, terdapat pengaruh signifikan antara self-esteem terhadap hasil belajar geografi, dan terdapat pengaruh signifikan antara kemampuan belajar metacognisi dan self-esteem terhadap hasil belajar geografi siswa dengan nilai sig. 0,036 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa kemampuan belajar metacognisi dan self-esteem berpengaruh terhadap hasil belajar geografi siswa.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Abdullah, M.D., 2022. Hubungan Self-Efficacy Dan Self-Esteem Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Pada Sman 4 Kota Tangerang Selatan 1–177. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Annisa Putri, W., Rino, 2023. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMK Kota Padang (Studi Pada Siswa di SMKN 3 Padang dan SMKS Nusatama Padang). Jurnal Salingka Nagari 2, 47–57.

Ermin, E., 2021. Analisis Keterampilan Metakognisi Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Biologi di SMP Kota Ternate. jppi 1, 56–60. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i1.25

Ihsan, M., 2018. Pengaruh Metakognisi dan Motivasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Kreativitas Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba. JPMIPA 4, 129–140. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v4i2.257

Maros, H., Juniar, S., 2016. Hubungan Antara Self-Esteem Dengan Prestasi Belajar Siswa di SMA X 1–23.

Maulana, H., Rohim, A., Haryono, H.E., 2022. Analisis Metakognisi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Barisan Dan Deret Bilangan Ditinjau Dari Kemampuan Matematis. j. penelit. n.a mat. sekol 6, 204–211. https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.2.204-211

Maulana, R., Wiguna, S., Ramayani, N., 2022. Upaya Meningkatkan Metakognisi Siswa Melalui Metode E-Learning Di Era 5.0 Pada Mata Pelajaran Alqur’an Hadist Kelas VIII MTS PPM Al-Fath Desa Air Hitam.

Muhali, M., Ulfanita, M., Khaeruman, K., Khery, Y., 2022. Korelasi Kesadaran Metakognisi dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik dalam Pembelajaran Kimia selama Pandemi Covid-19. Empiric. Journal 3, 58–67. https://doi.org/10.36312/ej.v3i1.767

Naike, S.B., 2017. Hubungan Harga Diri (Self Esteem) Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 2 Batusangkar. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Batusangkar.

Novita, T., Widada, W., 2018. Metakognisi siswa dalam pemecahan masalah matematika siswa sma dalam pembelajaran matematika berorientasi etnomatematika Rejang Lebong 3. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. Volume 3 Nomor 2 hal 67-81.

Nurchikmah, S.A.P., Siswanto, J., Ristanto, S., 2022. Analisis Korelasi Kesadaran Metakognisi Dengan Hasil Belajar Siswa SMA. lontarphysicstoday 1, 133–142. https://doi.org/10.26877/lpt.v1i3.13130

Nurmalasari, L.R., Winarso, W., Nurhayati, E., 2015. Pengaruh Kemampuan Metakognisi terhadap Hasil Belajar Matematika di SMP Negeri 2 Leuwimunding Kabupaten Majalengka 02.

Oktavia, R.K., Rachmanda, H.A., Ibrahim, I., 2022. Pengaruh Self-esteem (Harga Diri) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Temon. jtm 5, 99–110. https://doi.org/10.21274/jtm.2022.5.1.99-110

Pramesti, 2015. Hubungan Antara Self Esteem Terhadap Pada Siswa Jurusan Tata Boga Kosentrasi Jasa Boga Smk Negeri 1 Sewon. Psikologi 5, 1–141.

Refnadi, R., 2018. Konsep self-esteem serta implikasinya pada siswa. J.Edu 4, 16. https://doi.org/10.29210/120182133

Safitri, P.T., Yasintasari, E., Putri, S.A., Hasanah, U., 2020. Analisis Kemampuan Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Model PISA. Jour. Mediv. Veter. Semar. 4, 11. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.941

Saptono, Y.J., 2016. Motivasi Dan Keberhasilan Belajar Siswa. Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. Volume 1 Nomor 1. pp 189-212.

Setiawan, F.A., Arisanty, D., Hastuti, K.P., Rahman, A.M., 2020. The Effect of Metacognitive Ability on Learning Outcomes of Geography Education Students. IJOLAE 2, 82–90. https://doi.org/10.23917/ijolae.v2i2.9257

Sihaloho, L., Rahayu, A., Wibowo, L.A., 2018. Pengaruh Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Efikasi Diri Siswa. jepk 6, 121. https://doi.org/10.26740/jepk.v6n2.p121-136

Sugiarti, R., Pribadi, A.S., 2013. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Belajar Siswa Slow Learner di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Semarang. Journal Wacana 5, 1–17.

Susanto, A., 2018. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Prenadamedia Group: Jakarta.

Sya’baniah, M.N., 2022. Pengaruh kemampuan Metakognisi dan Self Regulated Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII MTS. Skripsi. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Widiana, W. (2022). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Metakognitif di Sekolah Dasar ; Kajian Berpikir tentang Berpikir. https://cdn.undiksha.ac.id/wp-content/uploads/2023/01/18062634/15-Orasi-Ilmiah-Prof.-Dr.-I-Wayan-Widiana-S.Pd_.-M.Pd_.pdf. Diakses pada 17 Januari 2024.

Yulia Rizki Ramadhani, Hani Subakti, Sulfiani Masri, Diah Puji Nali Brata, Salamun, Devy Stany Walukow, Leny Dhianti Haeruman, Lia Kristina Sianipar, Lari Andreas Sanjaya, Nadya Fadillah Fidhyallah, Year Rezeki Patricia Tantu, Devi Eka Wardani Meganingtya, H.C., 2022. Pengantar Strategi Pembelajaran, Cetakan 1. Yayasan Kita Menulis.