Pendekatan Etnopedagogi dalam Mitigasi Perubahan Iklim pada Masyarakat Pesisir Bandengan Kendal

Isi Artikel Utama

Endah Septiani
Dewi Liesnoor Setyowati
Juhadi Juhadi

Abstrak

Alam tidak bisa dipisahkan dari dari kehidupan manusia. Keduanya hidup beriringan dan saling menjaga. Salah satu dari bentuk upaya masyarakat menjaga alam tercermin dalam suatu kearifan lokal (local wisdom). Ketika suatu wilayah terdampak perubahan iklim maka nilai kearifan lokal perlu dikedepankan sebagai pedoman hidup. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai kearifan lokal yang terdapat pada masyarakat Bandengan terkait dalam pengelolaan lingkungan berbasis mitigasi perubahan iklim yang dapat digunakan sebagai sumber belajar etnopedagogi. Daerah Bandengan merupakan pesisir yang terdampak rob selama 3 (tiga) tahun terakhir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, subjek kajian dalam penelitian ini adalah anggota masyarakat pesisir Bandengan, yang berlokasi di Desa Bandengan Kabupaten Kendal Provinsi Jawa Tengah. Penentuan informan dilakukan menggunakan teknik purposive sampling. Adapun informan yang menjadi subjek penelitian diantaranya adalah: sesepuh desa, penjual ikan di Tempat Pelelangan Ikan dan warga masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan kandungan nilai-nilai kearifan lokal yang terdapat di Bandengan terkait pengelolaan lingkungan berbasis mitigasi perubahan iklim diantaranya: Nilai Religi, Nilai Patuh, dan Nilai Sederhana. Masyarakat Bandengan yang menggantungkan hidupnya pada hasil laut menganggap laut merupakan anugerah yang harus dijaga kelestariannya. Nilai-nilai itu mereka junjung tinggi dan dipatuhi dalam kehidupan sehari-hari yang menjadi landasan kepribadian anggota masyarakat Bandengan dalam mengelola lingkungan tempat tinggalnya dalam rangka mitigasi pada perubahan iklim yang terjadi. Nilai kearifan lokal bisa menjadi sumber belajar etnopedagogi untuk diajarkan di sekolah diwujudkan dalam media pembelajaran.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Aldrian, E., Karmini, M., & Budiman. (2011). Adaptation and Mitigation of Climate Change in Indonesia (Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim di Indonesia). Pusat Perubahan Iklim Dan Kualitas Udara BMKG, 2, 174. www.bmkg.go.id

Desfandi, M. (2014). Urgensi Kurikulum Pendidikan Kebencanaan Berbasis Kearifan Lokal di Indonesia [The urgency of disaster education curriculum based on local wisdom in Indonesia}. Sosio Didaktika, 1(2), 191–198.

Fermansah, T. (2019). Kearifan Lokal Suku Tengger Dalam Adaptasi Perubahan Iklim Dan Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Produksi Tanaman Kentang. Agromix, 10(1), 44–58. https://doi.org/10.35891/agx.v10i1.1462

Flores, R. (2017). Attitudes about Climate Change among Mexico City High School Students. Journal of Education, Society and Behavioural Science, 21(3), 1–8. https://doi.org/10.9734/jesbs/2017/33527

Haryanto, H. C., & Prahara, S. A. (2019). Perubahan Iklim, Siapa Yang Bertanggung Jawab? Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 21(2), 50. https://doi.org/10.26486/psikologi.v21i2.811

Hayat, B., & S, Y. (2015). Bencmark Internasional Mutu Pendidikan. Bumi Aksara.

Hicks, D. (2019). Education and climate change. In A Student’s Guide to Education Studies. https://doi.org/10.4324/9780429297212-14

Komariah, K., Ariyanto, D. P., Sumani, S., Yanti, Y., Setyawati, A., & Priswita, R. P. W. (2021). Kearifan Lokal Padi Ratun Sebagai Upaya Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim Di Desa Wonosari Kecamatan Gondangrejo. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 10(1), 7. https://doi.org/10.20961/semar.v10i1.45428

Kurniawan, I. S., & Toharudin, U. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Biologi Berorientasi Etnopedagogi Pada Mahasiswa Calon Guru. Scientiae Educatia, 6(1), 27. https://doi.org/10.24235/sc.educatia.v6i1.1287

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis a methode source book. SAGE Publications, Inc.

Mustangin, M. (2017). Perubahan iklim dan aksi menghadapi dampaknya: Ditinjau dari peran serta perempuan Desa Pagerwangi. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 80. https://doi.org/10.21831/jppm.v4i1.13051

Nurhayati, D., Dhokhikah, Y., & Mandala, M. (2020). Persepsi dan Strategi Adaptasi Masyarakat terhadap Perubahan Iklim di Kawasan Asia Tenggara (Perceptions and Strategies for Community Adaptation to Climate Change in the Southeast Asian Region). Jurnal Proteksi, 1(1), 39–44.

Ratinen, I. (2021). Students’ knowledge of climate change, mitigation and adaptation in the context of constructive hope. Education Sciences, 11(3), 1–14. https://doi.org/10.3390/educsci11030103

Siringoringo, G. L. R. (2022). Program Dalam Pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Dalam Hal Masalah Perubahan Iklim Di Indonesia. 05(01), 43–52.

Sulistiono, & Sumarno. (2011). Perubahan Iklim Global. PPSUB Malang.

Urbanus, A., Sela, R. L. E., & Tungka, A. E. (2021). Mitigasi Bencana Banjir Struktural dan Non Struktural Di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Jurnal Spasial, 8(3), 447–458.