TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KUALITAS LAYANAN AKADEMIK JURUSAN PENJASKESREK
DOI:
https://doi.org/10.23887/penjakora.v2i2.11477Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa dan kualitas layanan akademik Jurusan Penjaskesrek yang meliputi 5 dimensi yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty. Sampel penelitian 268 orang mahasiswa Jurusan Penjaskesrek, FOK Undiksha yang diambil secara acak (simple random sampling). Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif untuk mengetahui tingkat kepuasan dan kualitas layanan akademik Jurusan Penjaskesrek. Kesimpulan hasil penelitian adalah (1) mahasiswa cukup puas dengan layanan akademik Jurusan Penjaskesrek dan (2) kualitas layanan akademik Jurusan Penjaskesrek cukup baik. Tingkat kepuasan mahasiswa dibagi menjadi lima dimensi yang hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan dimensi tangible adalah cukup puas, dimensi reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty kategori puas. Dari kualitas layanan akademik Jurusan Penjaskesrek untuk kelima dimensi kualitas layanan dimensi tangible cukup baik, dimensi reliability baik, dimensi responsiveness, assurance, dan emphaty kualitas layanan kategori cukup baik.
References
Aryani, Dwi dan Rosinta, Febrina. 2010. “Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dan Membentuk Loyalitas Pelanggan”. Jurnal Administrasi dan Organisasi 114-126. Tersedia pada http://journal.ui.ac.id/index.php/jbb/article/view/632/617. Diakses pada tanggal 15 Mei 2015.
Barnes, James G. 2003. Secret of Customer Relationship Management. Yogyakarta : Penerbit Andi.
Gaspersz, Vincent. 2008. Total Quality Management. Jakarta: Gramedia.
Handayani, R, Yermias T, K, dan Ratminto. 2003. Analisis kepuasan Pemakai terhadap Pelayanan Perpustakaan Nasional Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta” Jurnal Sosiosains, Vol 17 No. 2, April 2003. Pasca Sarjana Fisipol UGM Yogyakarta.
Irianto, Agus. 2004. Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta : Prenada Media
Kotler, Philip, 1997. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Control Jilid I. Edisi Kesembilan. Jakarta: PT Prenhallindo
Lupiyoadi, R. 2001. Manajemen Pemasaran : Teori dan Praktik. Jakarta : Salemba Empat.
Mas’ud. 2009. Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Apotek Kimia Farma Jakarta Menggunakan Model Servqual. Majalah Ilmu Kefarmasian, Vol VI No. 2 Agustus. (hal 56-74)
Parasuraman, Leonard L. Berry, and Valarie A. Zeithml. 1985. A Conceptual Model Of Services Quality And Its Implications For Future Research. Journal Of Marketing, Vol.49, P.41-50.
Susanto, Perengki. 2011. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik dan Citra Merek Lembaga terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Negeri Pandang”. Jurnal Pendidikan. Tersedia pada http://ejournal.fip.unp.ac.id. Diakses pada tanggal 18 Mei 2015.
Tjiptono. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Andi Yogyakarta
Yamit, Zulhan. 2004. Manajemen Kualitas: Produk Dan Jasa. Yogyakarta: Ekonisia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the JURNAL PENJAKORA agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)