TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KUALITAS LAYANAN AKADEMIK JURUSAN PENJASKESREK

Penulis

  • I Nyoman Kanca Universitas Pendidikan Ganesha
  • NI Putu Dwi Sucita Dartini Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/penjakora.v2i2.11477

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa dan kualitas layanan akademik Jurusan Penjaskesrek yang meliputi 5 dimensi yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty. Sampel penelitian 268 orang mahasiswa Jurusan Penjaskesrek, FOK Undiksha yang diambil secara acak (simple random sampling). Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif untuk mengetahui tingkat kepuasan dan kualitas layanan akademik Jurusan Penjaskesrek. Kesimpulan hasil penelitian adalah (1) mahasiswa cukup puas dengan layanan akademik Jurusan Penjaskesrek dan (2) kualitas layanan akademik Jurusan Penjaskesrek cukup baik. Tingkat kepuasan mahasiswa dibagi menjadi lima dimensi yang hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan dimensi tangible adalah cukup puas, dimensi reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty kategori puas. Dari kualitas layanan akademik Jurusan Penjaskesrek untuk kelima dimensi kualitas layanan dimensi tangible cukup baik, dimensi reliability baik, dimensi responsiveness, assurance, dan emphaty kualitas layanan kategori cukup baik.

Referensi

Aryani, Dwi dan Rosinta, Febrina. 2010. “Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dan Membentuk Loyalitas Pelanggan”. Jurnal Administrasi dan Organisasi 114-126. Tersedia pada http://journal.ui.ac.id/index.php/jbb/article/view/632/617. Diakses pada tanggal 15 Mei 2015.

Barnes, James G. 2003. Secret of Customer Relationship Management. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Gaspersz, Vincent. 2008. Total Quality Management. Jakarta: Gramedia.

Handayani, R, Yermias T, K, dan Ratminto. 2003. Analisis kepuasan Pemakai terhadap Pelayanan Perpustakaan Nasional Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta” Jurnal Sosiosains, Vol 17 No. 2, April 2003. Pasca Sarjana Fisipol UGM Yogyakarta.

Irianto, Agus. 2004. Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta : Prenada Media

Kotler, Philip, 1997. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Control Jilid I. Edisi Kesembilan. Jakarta: PT Prenhallindo

Lupiyoadi, R. 2001. Manajemen Pemasaran : Teori dan Praktik. Jakarta : Salemba Empat.

Mas’ud. 2009. Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Apotek Kimia Farma Jakarta Menggunakan Model Servqual. Majalah Ilmu Kefarmasian, Vol VI No. 2 Agustus. (hal 56-74)

Parasuraman, Leonard L. Berry, and Valarie A. Zeithml. 1985. A Conceptual Model Of Services Quality And Its Implications For Future Research. Journal Of Marketing, Vol.49, P.41-50.

Susanto, Perengki. 2011. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik dan Citra Merek Lembaga terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Negeri Pandang”. Jurnal Pendidikan. Tersedia pada http://ejournal.fip.unp.ac.id. Diakses pada tanggal 18 Mei 2015.

Tjiptono. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Andi Yogyakarta

Yamit, Zulhan. 2004. Manajemen Kualitas: Produk Dan Jasa. Yogyakarta: Ekonisia.

Diterbitkan

2015-09-01

Terbitan

Bagian

Articles