Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Voli

I Ketut Rai Ardinata, Wahjoedi Wahjoedi, Ni Putu Dwi Sucita Dartini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar teknik dasar passing bola voli. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sungguhan dengan menggunakan rancangan penelitian the randomized pretest-postest control group the same subject design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII A dan VIII D SMP Negeri 3 Sukasada tahun ajaran 2017/2018 berjumlah 57 orang siswa. Penentuan sampel menggunakan simpelrandom Sampling. Data hasil belajar dikumulkan mulai pretest dan postest. Analisis data menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Pada kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata 0,58. Sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh nilai rata-rata 0,27. Berdasarkan uji Independent samples test angka signifikansi yang diperoleh adalah p=0,000˂0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student teams achievement divisions (STAD) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar passing bola voli pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sukasada tahun pelajaran 2017/2018. Dengan demikian disarankan untuk proses pembelajaran guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student teams achievement divisions (STAD) menjadi salah satu alternatif pembelajaran yang dapat diterapkan pada materi ajar bola besar yaitu passing bola voli.

Kata-kata kunci: pembelajaran kooperatif, STAD, hasil belajar, passing bola voli.

 


Full Text:

PDF

References


I.M.K. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (Stad) Terhadap Hasil Belajar Passing Bola Voli. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/13072 diakses pada tanggal 30 Juni 2018

Budayasa, I.M.A., Budhiarta, I.M.D., Lestari, N.M.S.D. 2014. Implementasi Pembelajaran Kooperatif STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Voli. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/2364/2047 diakses pada tanggal 30 Juni 2018.

Budhiarta, I Made Danu. 2008. Teori Praktik Permainan Bola Volidan Bola Voli Pantai. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Dimiyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Isnaini,A.F.A., Wahjoedi, Wijaya, M.A. 2017. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar passing Bola Basket Pada Siswa Kelas Vii SMP Negeri 3 Sawan Tahun Pelajaran 2017/2018. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/13104 diakses pada tanggal 30 Juni 2017.

Slavin, R.E. 2010. Cooperative Learning. Bandung

Suparta, I.W., Kanca, I.N., Adi, I.P.P. 2014. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Passing Bola Basket. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/2370. diakses pada tanggal 30 Juni 2018.

Trianto.2007.Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisme. Jakarta:Prestasi Pustaka.

Wenawa putra, I Gede 2013 penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD meningkatkan aktifitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola voli.

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/587/472 diakses pada tanggal 30 Juni 2018




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/penjakora.v5i1.14477

Article Metrics

Abstract view : 261 times
PDF file view : 185 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL PENJAKORA




Publish by:

Undiksha

UNDIKSHA PRESS


PENJAKORA indexed by:

Akreditasi SINTA Penjakora   



Creative Commons License

PENJAKORA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.