METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA JOBSHEET TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTEK MELAKUKAN PEMERIKSAAN FISIK PADA IBU HAMIL

Authors

  • N.K Sulyastini Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/penjakora.v5i2.17226

Abstract

Hakekat belajar dan mengajar adalah wujud nyata dari pendidikan yaitu usaha sadar bertujuan membudayakan manusia dan memanusiakan manusia.Manusia itu sendiri adalah pribadi yang utuh dan pribadi yang kompleks sehingga sulit dipelajari.Bidan merupakan salahsatu tenaga kesehatan yang memiliki posisi penting dan strategi terutama dalam upaya menurunkan angka kematian ibu (AKI) dan angka kesakitan dan kematian bayi ( AKB ). Bidan memberikan pelayanan kebidanan yang komprehensif dan paripurna baik kepada wanita sepanjang daur kehidupannya.Bidan bertanggungjawab dan bekerja sebagai mitra perempuan untuk memberikan dukungan, asuhan, dan nasehat selama masa hamil, masa persalinan, dan masa nifas.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan rancangan post test control group only design.Sampel dari penelitian adalah mahasiswa semester III jurusan Kebidanan. Hasil penelitian Fhitung = 14,702, sedangkan Ftabel 5% dengan (db = 80-1) = 3,96, jika dibandingkan Fhitung (14,702) > Ftabel (3,96) maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar praktek melakukan pemeriksaan fisik pada ibu hamil mahasiswa yang mengikuti pembelajaran demonstrasi berbantuan media jobsheet dengan berbantuan penuntun belajar.

Perkembangan tuntutan kebutuhan masyarakat, kemajuan IPTEK dan perkembangan pembangunan di bidang kesehatan membawa dampak akan tuntutan pada pelayanan atau asuhan kebidanan profesional. Mengacu pada hal tersebut institusi pendidikan kebidanan berupaya memungkinkan adanya situasi dan kondisi belajar mahasiswa untuk mengikuti dan menguasai ilmu dan kiat kebidanan. Dengan penguasaan ilmu dan kiat kebidanan dapat menumbuhkan dan membina sikap mahasiswa  dalam melaksanakan asuhan kebidanan profesional.

 

Kata-kata kunci: demonstrasi, media jobsheet, hasil belajar,dan pemeriksaan fisik ibu hamil

References

Atkinson, Rita L, Richard C. 1996. Pengantar Psikologi (terjemahan). Jakarta: Penerbit Erlangga

Azhar. 1997 Media Pembelajaran, Jakarta Raja Grafindi Persada

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dimyati. 2006 Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah & Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar.Jakarta : Rineka Cipta.

Gufron, M.Nur. 2010. Teori-teori Psikologi. Jogjakarta; Ar-Ruzz Media

Hastuti, Puji. 2001. Hubungan Konsep Diri, Motivasi Berprestasi dan Kebiasaan Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa, suatu studi pada FPTK IKIP Jakarta. Disertasi yang tidak dipublikasikan. Program Pasca Sarjana Universitas Nasional Jakarta.

Mulyasa. 2007. Menjadi Guru Profesional menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosda Karya

Monks, K. J; Knoers, A. M. P dan Haditono, S. R. 1992. Psikologi Perkembangan Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Sardiman A.M. 2011 Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Santrock Jhon. W. 2004. Educational Pshycology, New York: Mc Graw-Hill.

Solomon & Rothblum. 1990. Psychology of Adjustment and Human Relationship. New York: McGraw-Hill, Inc

Suryabrata, Sumadi. 1983. Psikologi Kepribadian. Jakarta : Erlangga.

Aryawati. 2010. Pengaruh metode pembelajaran demonstrasi terhadap hasil belajar seni tari ditinjau dari kemandirian siswa. Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja

Wira Bayu. 2012. Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Membaca dan Menulis Permulaan Bahasa Inggris. Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja

Downloads

Published

2019-04-22